Penyakit turunan merupakan penyakit yang muncul karena kelainan genetik yang diwariskan oleh orang tua. Pada dasarnya penyakit turunan tidak diwariskan secara langsung, melainkan hanya sebatas sifatnya. Jadi penyakit turunan akan muncul setelah dipicu oleh keadaan lingkungan serta gaya hidup.

Ada beberapa penyakit turunan yang perlu anda waspadai jika orang tua anda menderita penyakit menurun diantaranya adalah hemofilia, buta warna, serta diabetes militus. Berikut alasan mengapa anda harus waspada dengan beberapa penyakit berikut.

Buta Warna

Buta warna adalah salah satu penyakit atau masalah pada mata yang sulit untuk membedakan warna-warna tertentu. Sebagian besar penyakit ini muncul karena faktor genetik, tetapi ada juga yang terjadi diluar pengaruh gen. Buta warna bisa terjadi saat masih usia dini, bisa juga baru diktehui satelah menginjak usia dewasa.

Diabetes Militus

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa penyakit diabetes adalah penyakit turunan. Ya, diabetes merupakan penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah. Pada umumnya diabetes yang terjadi akibat faktor genetik adalah diabetes tipe 1.

Hemofilia

Hemofilia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan. Hemofilia terjadi akibat kurangnya faktor pembeku darah 8 dan 9. Konon penyakit ini sukar disembuhkan karena sudah mulai terjadi saat seseorang berada di usia dini.

Alergi

Jika kedua orang tua memiliki penyakit alergi, maka prosentase keturunannya mengalami alergi sebesar 70 persen. Namun jika hanya salah satu orang tua yang memiliki penyakit alergi, maka prosentase menurunnya hanya 30 persen.

Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah. Pada penderita thalasemia, hemoglobin pada darah sangat mudah pecah. Akibatnya, penderita akan terlihat pucat dan harus melakukan transfusi darah secara rutin agar hemoglobinnya tetap normal.