Peradangan pada pulpa, atau lebih sering disebut Pulpitis, merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian paling dalam pada gigi yang juga terdapat syaraf dan pembuluh darah tubuh. Kondisi peradangan pada pulpa ini bisa mengakibatkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Ketika pulpa mengalami peradangan, keteidaktersedianya ruang untuk proses pembengkakan yang menyebabkan terjadinya tekanan dalam gigi. Tekanan ini pula yang disebabkan ruang dinding pulpa yang keras.

pulpitis

Peradangan pada pulpa atau pulpitis yang ringan bila sudah diobati secara baik, maka tidak akan menyebabkan kerusakan gigi secara permanen. Sementara itu, bila peradangan pulpa atau pulpitis itu sudah berat maka lama kelamaan dapat mematikan pulpa.

Ada beberapa diagnosa dan pemeriksaan fisik yang dilakukan untuk mengteahui apakah pulpa tersebut masih bisa diselamatkan atau tidak. Untuk diagnosa pertama yaitu dilakukan dengancara pemberian rangsangan dingin. Pulpa dikatakan dalam kondisi yang sehat bila setelah pemberian rangsangan dingin rasa nyeri pada pulpa tersebut hilang. Pulpa tersebut masih bisa dipertahankan dengan cara melakukan penambalan terhadap gigi yang telah membusuk. Pulpa tersebut sudah tidak bisa dipertahankan lagi bila rasa nyeri tidak hilang meskipun rangsangan dingin sudah dihentikan atau bila terjadi rasa nyeri yang spontan.

Diagnosa berikutnya adalah dengan pengujian pulpa dengan aliran listrik. Dengan penggunaan alat khusus ini, akan diberikan aliran listrik dengan tegangan tertentu. Dan bila pulpa masih hidup, maka penderita pilpitis ini akan merasakan alairan listrik pada giginya.

Kemudian dengan cara penepukan gigi, bila gigi penderita ditepuk dan memberikan rasa nyeri maka peradangan pulpa ini telah menyebar pada jaringan dan tulang yang lainnya. Rontgen pada gigi juga bisa dilakukan untuk memastikan apaka ada pembususkan pada gigi dan pengeroposan tulang di sekitar akar gigi. Cara pengobatan untuk pulpitis ini yaitu dengan penambalan bila masih pada stadium awal, apabila kerusakan pulpa sudah meluas, maka pengobatan hanya dengan pencabutan pulpa tersebut.