Masalah kesuburan menjadi masalah penting bagi kaum wanita. Namun, bisa saja seorang wanita terganggu kesuburannya, sehingga tidak mengalami kehamilan. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Jika anda ingin tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele namun dapat mengakibatkan mengganggu kesuburan seperti berkurangnya tingkat kesuburan wanita, simak baik-baik informasi berikut ini;

Kesuburan

Kebiasaan Merokok

Tahukan anda bahwa setiap anda merokok, kualitas sperma atau sel telur yang ada dalam tubuh anda akan berkurang sedikit demi sedikit? Ya, hal tersebut memanglah benar. Bagi seorang wanita, kebiasaan merokok dapat menyebabkan wanita mengalami monopause 4 tahun lebih cepat dibanding dengan wanita yang tidak merokok. Selain itu bagi wanita yang hamil, merokok dapat menyebabkan masalah pada janin seperti menurunkan berat badan si jabang bayi sampai dengan cacat fisik.

Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan yang lebih atau bisa dibilang kegemukan biasanya akan lebih mudah mengalami masalah pada kesuburannya dikarenakan wanita yang gemuk akan sulit berovulasi. Jadi jika anda ingin subur, usahakan untuk menjaga berat badan anda agar tidak melampaui batas sehingga dapat mengganggu kesuburan.

Makanan Yang Dikonsumsi

Menurut salah satu penelitian, makanan yang dikonsumsi dapat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan seorang wanita. Mengonsumsi gandum utuh, lemak tak jenuh dapat meningkatkan kesuburan. Sebaliknya jika mengonsumsi lemak jenuh dan makanan tak sehat lainnya seperti junk food akan mengganggu kesuburan wanita.

Obat-obatan

Biasanya seseorang jika mengalami sedikit saja gangguan pada tubuhnya selalu minum obat. Sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan, karena dalam obat pastilah terkandung senyawa kimia yang jika dikonsumsi akan memberikan efek samping. Selain itu jika dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan dampak yang lebih serius.