Friday , 11 July 2014

Tumor Otak dan Tulang Belakang

Tumor otak dan tulang belakang ditujukan pada tumor yang tumbuh dalam atau sekitar otak dan sumsum tulang belakang dan dapat menyebabkan cacat yang parah dan bahkan kematian jika tidak terdeteksi dan tidak terobati dengan merusak sistem saraf pusat. Jumlah orang yang menderita tumor ini meningkat karena pendeteksian yang lebih baik dan juga populasi yang bertambah tua. Tumor-tumor ini juga dapat mempengaruhi anak-anak. Ada dua kategori tumor otak dan tulang belakang. Kedua jenis tumor tersebut jinak dan biasanya lambat pertumbuhannya yaitu meningioma, tumor pituitari dan neuroma akustik. Hal tersebut sering terlihat pada orang dewasa dan terkadang dapat mencapai ukuran besar ketika gejala-gejala muncul dan diketahui.

Deteksi awal dianjurkan dalam rangka untuk meningkatkan peluang ukuran tumor yang lebih kecil saat diagnosa. Ini dapat membuat pengobatan lebih efektif dan lebih aman. Kategori tumor kedua adalah tumor yang lebih ganas. Keduanya bermula dalam otak atau sumsum tulang belakang atau datang dari tempat lain ke lokasi tersebut. Seseorang yang memiliki kanker payudara atau paru-paru dapat menyebarkan kanker ini ke lokasi otak atau tulang belakang. Tumor ganas yang mulai dalam otak atau sumsum tulang belakang biasanya glioma termasuk astrocytomas.

Diagnosa

Tumor otak dapat menyebabkan sakit kepala, kejang, kelemahan anggota badan, kehilangan perasa, dan kehilangan salah satu indera (penciuman, perasa, penglihatan, pendengaran, keseimbangan). Namun, juga diperingatkan bahwa sakit kepala adalah hal yang umum dan lebih sering karena ketegangan dan migren daibandingkan tumor otak.

Adanya masalah-masalah lain yang disebutkan seharusnya memicu seseorang pergi ke dokter untuk pemeriksaan saraf dan tulang belakang. Tumor tulang belakang dapat ditunjukkan melalui nyeri punggung, nyeri leher dan hilangnya kekuatan atau perasaan pada lengan atau kaki atau terkadang keduanya.

Namun, kembali kami mengamati bahwa nyeri leher dan punggung biasanya dari persendian yang terkilir atau degenarasi tulang belakang dibandingkan tumor tulang belakang. Penaksiran masalah oleh dokter spesialis yang berkualifikasi dapat membantu diagnosa dan penggunaaan tes yang sesuai termasuk MRI dan CT (computed tomography). Dalam rangka untuk menegaskan diagnosa, tes-tes yang berguna termasuk MRI pada otak dan tulang belakang.

MRI tidak menggunakan radiasi tetapi suatu medan magnet untuk menghasilkan gambar yang dapat dengan jelas menunjukkan sistem saraf otak dan tulang belakang dan tumor-tumor lain. Unkuran dan lokasi tumor dapat diperkirakan secara tepat. Biopsi sering dibutuhkan untuk mengetahui tipe tumor. Ini dapat dilakukan baik ketika operasi untuk pembersihan tumor atau penggunaan jarum. Tipe jarum biopsi sekarang ini bisanya ditunjukkan oleh komputer dan gambar yang berarti bahwa teknologi MRI atau CT digunakan untuk pencarian dan ketepatan.

Pengobatan Modern

Di waktu lampau, model pengobatan bagi tumor otak dan tulang belakang pada orang dewasa dan anak-anak biasanya dibatasi pada operasi saja seringkali disertai dengan upaya pembersihan radikal dengan pembukaan yang besar. Operasi modern termasuk penggunaan mikroskop saraf termutakhir, dengan Pedoman Komputer yang dihubungkan dengan scan MRI dan CT, dan peralatan yang lebih baik untuk pembersihan tumor.

Sistem laser generasi terbaru dan bahkan teknologi laser yang lebih unggul sekarang tersedia untuk pembersihan tumor otak dan tulang belakang. Bagian-bagian tumor yang sulit atau riskan untuk dibersihkan dapat diobati belakangan dengan model pengobatan lain seperti operasi Radio.

Operasi radio telah menjadi peralatan utama dan berguna dalam pengobatan bagi kedua tumor otak dan tulang belakang. Operasi radio menggunakan berkas energi yang tepat dan terkendali menembus lokasi tumor tanpa rasa sakit dan tanpa terlihat, tanpa membutuhkan operasi terbuka. Di waktu lampau ada pisau Gamma, tetapi sekarang ada serambi operasi radio yang berskala lebih luas termasuk Tomoterapi, sistem LINAC kolimator mikro-multileaf untuk ketepatan tinggi dan kemampuan untuk mengobati otak dan tulang belakang. Ada tumor-tumor yang dapat diobati dengan operasi radio saja tanpa operasi terbuka sebagai langkah pertama. Tumor malignan akan memerlukan beberapa model pengobatan termasuk operasi, radiasi dan kemoterapi. Juga ada anti-tumor biologis generasi baru yang memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan kemoterapi konvensional dan dapat digunakan untuk tumor malignan termasuk astrocytoma dan glioma.

Kesimpulan

Meskipun tumor otak dan tulang belakang dapat menjadi berbahaya dan merusak pada orang dewasa dan anak-anak, diagnosa awal dan penggunaan perlatan berteknologi lanjut termasuk operasi mikro, robotika dan operasi radio mempunyai peranan dalam menyelamatkan berbagai kehidupan di seluruh dunia termasuk Singapura.

 

 

Dr Prem Pillay

MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh)

FAM S (Neurosurgery), FRCS Canada (Neurosurgery)

Dr Prem Pillay adalah konsultan senior dokter bedah saraf di Singapore Brain, Spine, Nerves Centre yang terletak di dalam Mount Elizabeth Medical Centre. Beliau telah tampil secara konsisten di waktu lampau pada berbagai saluran TV dan radio termasuk BBC, Channel News Asia, Channel 5 dan 93.8 FM. Dengan pengalaman selama dua dekade, beliau berspealisasi pada berbagai operasi-neo dan dengan perantara operasi mikro untuk otak, tulang belakang dan saraf. Beliau juga melakukan prosedur lubang kunci tulang belakang, termasuk prosedur harian, untuk berbagai masalah tulang belakang  yang menyebabkan nyeri punggung dan leher.

www.drprempillay.org

www.spine-neuro.org

Brain Spine and Nerves Center

#15-03 Mt Elizabeth Medical Centre

3 Mt. Elizabeth

Singapore 228510

Tel (65) 6835 4325

Fax (65) 6835 4326

 

Email: clinicsg@yahoo.com 

Comments are closed.