Gigi merupakan organ yang penting dalam hal metabolism makanan. Gigi juga amat menunjang penampilan seseorang. Namun begitu, penyakit juga sering singgah di gigi, sehingga kita perlu melindungainya. Bila di gigi atau sela-sela gigi ada banyak makanan yg tidak di bersihkan jadi kuman bakal mengolah makanan itu, makin lama bakal mengakibatkan karang gigi.

Karang gigi atau “kalkulus” terbuat dari plak serta zat kapur yang ada di air liur. Plak sendiri terbagi dalam susunan bening di gigi (perikel) serta kuman. Karang gigi menempel erat dengan gigi serta cuma dapat di bersihkan dengan scaller, atau alat ekstraktor oleh dokter gigi. Warna karang gigi awal mula kuning, makin lama bisa berwarna coklat atau kehitaman sesuai sama rutinitas seperti merokok atau minum kopi. Karang gigi bisa mengakibatkan gigi goyang serta gampang tanggal lantaran penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terlebih waktu menyikat gigi, serta halitosis.

Siapa saja pasti tidak mau alami sakit gigi. Terkecuali bikin kepala pusing, tidur tak pulas, makan terganggu, juga tidak bisa menghadirkan senyuman manis yang menawan hati. Sakit gigi bisa dikarenakan beragam hal salah satunya yaitu gigi berlubang serta radang gusi, sampai mengakibatkan nafas tak enak atau bau mulut.

Untuk melindungi kesehatan gigi serta mulut terdapat banyak hal yang terkadang terdengar sepele butuh dikerjakan. Berikut ini tips sederhana untuk mendapatkan gigi menawan;

Gosok Gigi

Gosoklah gigi sedikitnya dua kali  satu hari dengan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Kapan saat yang pas untuk menggosok-gosok gigi? Sesudah makan pagi serta saat sebelum tidur. Sekali dalam satu minggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini bisa menolong menghindar terjadinya plak serta karang gigi. Sikat gigi dengan baik serta benar, yakni dengan menjangkau ke semua permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

Perhatikan Asupan Makanan

Kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini bisa menempel pada gigi. Mengkonsumsi buah serta sayur yang bisa bersihkan gigi seperti apel, wortel, serta seledri. Batasi anggur merah, kopi, serta teh.