Kolesterol merupakan zat alami yang terdapat dalam tubuh kita. Namun kolesterol akan menjadi ancaman bagi kesehatan kita jika jumlahnya terlalu banyak. Karena jika kolesterol terlalu banyak dalam tubuh kita akan mengendap pada saluran pembuluh darah dan akan menyebabkan seseorang beresiko terkena sakit jantung. Sakit jantung sendiri disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga pasokan darah menuju jantung terhenti.

Lalu, bagaimana caranya memperbaiki tingkat kolesterol di tubuh kita? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Batasi Lemak Jenuh

Lemak ada dua macam yakni lemah jenuh dan lemak tak jenuh. Yang kurang baik bagi kesehatan adalah lemak jenuh. Lemak jenuh ini biasanya berasal dari hewan seperti kulit ayam dan sebagainya. Namun juga ada yang berasal dari tumbuhan. Asupan lemak jenuh ini dapat membuat anda beresiko mengalami masalah kolesterol. Jadi usahakan untuk membatasi asupan lemak jenuh dalam tubuh anda.

Jaga Berat Badan

Berat badan juga bisa berakibat memicu masalah kolesterol dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh anda usahakan untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur setiap hari dengan waktu 30 menit akan membuat kolesterol dalam tubuh anda lebih terkontrol. Selain dapat menjauhkan anda dari masalah kolesterol dan berat badan, olahraga juga baik untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh anda.

Berhenti Merokok

Rokok merupakan salah satu pemicu terbesar masalah kolesterol dan penyakit jantung. Jadi usahakan untuk berhenti merokok mulai dari sekarang demi menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu checkup ke dokter secara rutin juga sangat dianjurkan untuk memontoring kadar kolesterol dan kesehatan anda.