Selain rasanya segar, buah merupakan bahan makanan makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain kaya akan vitamin, juga mengandung berbagai macam zat lainnya yang juga bermanfaat oleh tubuh, seperti serat, kalsium, dan masih banyak lagi yang lain. Berbeda jenis buah, berbeda pula kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Buah juga sebaiknya dimakan mentah alias tidak diolah?

Ya, sebaiknya memang  buah harus dimakan mentah karena jika buah diolah maka akan merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu anda harus benar-benar membersihkan buah dengan cara mencuci buah terlebih dahulu sebelum dimakan karena pada buah biasanya terdapat bakteri serta sisa-sisa pestisida yang masih menempel di dalamnya.

Jangan sampai niat anda untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi buah malah sia-sia karena bakteri dan sisa pestisida yang ikut anda makan bersama buah tadi.

Bersihkan Peralatan

Tidak hanya membersihkan buahnya saja. Sebelumnya anda harus membersihkan peralatan-peralatan yang akan bersentuhan dengan buah seperti pisau, tempat buah, termasuk tangan anda. Percuma kalau buah sudah bersih namun pada akhirnya akan kembali terkena bakteri dari wadah buah maupun pisau yang digunakan untuk memotong buah tersebut.

Cuci Dan Langsung Makan

Sebaiknya setelah anda mencuci buah langsung saja makan buah tersebut, jangan lantas didiamkan. Apalagi jika sampai berhari-hari. Hal tersebut dapat membuat bakteri kembali hinggap di buah-buahan dan bahkan membuat buah menjadi busuk.

Bilas Menggunakan Air Mengalir

Setelah anda merendamnya dengan sabun yang dapat digunakan untuk mencuci buah dan sayur, sebaiknya anda membilas buah dengan menggunakan air mengalir. Hal tersebut bertujuan agar kuman, bakteri, maupun sisa pestisida terbuang sempurna dari kulit buah.