Woman Measuring StomachTak ada seorangpun yang ingin kelebihan berat badan. Semua orang tentu ingin berat badan yang ideal. Karena dengan memiliki berat badan ideal, kita menjadi lebih percaya diri. Badan terasa sehat dan tentu saja terhindar dari berbagai macarn penyakit

Masalahnya tak semua orang memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan yang diinginkan. Bahkan terkadang kita memang kelebihan berat badan atau terlalu gemuk. Untuk melihat apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, dapat diuji sendiri.

Untuk mengetahuinya, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Kelebihan berat badan atau kegemukan disebabkan bila makanan yang dikonsumsi mengandung energi yang melebihi kebutuhan tubuh. Kelebihan energi tersebut akan disimpan tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk.

Khusus perempuan, pada umumnya memiliki bentuk tubuh seperti buah pir karena timbunan lemak lebih banyak berada disekitar pinggul. Orang yang memiliki tubuh seperti ini memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, darah tinggi dan kencing manis dibandingkan dengan orang yang rnemilik tubuh seperti buah apel.

Nah, bentuk tubuh seperti buah apel bia.sanya dijumpai pada laki-lak. Bentuk tubuh seperti ini disebabkan karena konsentrasi lemak terdapat pada sekrtar pinggang. Orang yang memiliki bentuk tubuh seperti ini berisiko tinggi terkena serangan jantung, hipertensi dan kencing manis.

Untuk mengetahui apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, ikuti serangkaian ujian dibawah ini:

  1. Berkacalah di depan cermin dan lihat apakah Anda tampak gemuk?
  2. Cubitlah kulit di sisi samping pinggang atau bagian bawah lengan Anda. Bila lipatannya lebih tebal dari 2,5 cm maka kemungkinan tubuh Anda kelebihan lemak.
  3. Ukurlah Indeks Massa Tubuh (IMT). Dihitung dengan rumus Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m2). Perhitungan IMT ini kerap kali dilakukan karena berkaitan erat dengan kandungan lemak tubuh dan sebagai indikasi risiko terjangkit penyakit penyerta.