Salah satu kebiasaan buruk ketika kita tidur adalah tidur mendengengkur. Tidur mendengkur ternyata juga memiliki dampak bagi kesehatan. Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur memiliki resiko lebih tingi untuk terkena kanker otak dibanding dengan orang yang tidak mendengkur.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu dokter di Taiwan selama lebih dari sepuluh tahun mengungkap fakta bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur mendengkur atau ngorok lebih memiliki berbagai macam masalah kesehatan dibanding dengan orang yang tidak mendengkur.

Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang yang memiliki kabiasaan tidur mendengkur rawan untuk menderita tumor ganas otak. Bisa dibilang bukan penyakit yang sepele, walaupun banyak orang yang menganggap kebiasaan mendengkur merupakan hal yang sepele.

Ya, walaupun mendengkur sendiri sepertinya nampak nyaman, namun tahukah anda bahwa pada saat seseorang tidur mendengkur maka pada saat itu juga nafas seseorang menjadi sering terhenti akibat penyempitan saluran nafas. Fenomena tersebut biasa disebut dengan sleep apnea.

Hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya, akan tetapi penderitanya menjadi tidak sadar karena terjadi ketika ia sedang tidur. Menurut beberapa dokter ahli kesehatan tidur mengatakan bahwa sebenarnya mendengkur bukanlah gangguan tidur yang sepele dan sangat perlu untuk ditangani guna timbulnya dampak yang lebih serius.

Selain itu terungkap fakta bahwa sleep apnea dapat mengakibatkan berbagai macam kesehatan lain seperti hipertensi atau darah tinggi, gangguan jantung, diabetes, stroke, dan juga impotensi. Keseluruhan merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.