Mdm SapariahEpisode gagal jantung yang mengejutkan telah mengguncangkan Sapariah binti Ahmat untuk bertanggung jawab atas kesehatannya. Perempuan berusia 58 tahun itu berbagi dengan Healthy Times tentang pelajaran yang beliau pelajari sejak selamat dari cobaan yang mengancam hidup.

01. Seperti apa hidup Anda sebelum terdiagnosis penyakit jantung?

Semuanya enak dimakan dan saya tidak pernah menghargai hidup. Saya adalah orang yang sangat tidak mengenal keberuntungan, dan tidak pernah terpikirkan dalam benak saya untuk memprioritaskan kesehatan saya. Saat itu tahun 2007, saat saya pertama mengalami kelelahan bukan kepalang dan sesak napas. Saya melakukan pemeriksaan kesehatan dan diberi 10 obat-obatan berbeda yang harus saya minum sampai sembilan bulan. Setelah beberapa waktu, saya merasa frustasi dan memutuskan untuk menghentikan pengobatan saya. Saya hanya meminum aspirin, dan mengulangi kebiasaan lama saya lagi yang tidak memperhatikan apa yang saya makan. Saya dirawat di rumah sakit untuk kedua kalinya pada tahun 2012, dan saat itu diagnosanya adalah gagal jantung. Saya kemudian mengetahui bahwa saya tidak dapat menanggung resiko lagi karena kesehatan saya mengkhawatirkan.

02. Perubahan gaya hidup apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan?

Langkah pertama adalah makanan! Saya berhenti melewatkan waktu makan saya dan saya menjadi pemilih tentang apa yang saya makan. Saya menghentikan semua makanan berminyak dan menghindari makanan yang digoreng kering. Saya mulai memakan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti oats dan roti multigrain. Saya meningkatkan porsi sayuran, buah-buahan dan salad. Saya juga melakukan beberapa olahraga ringan sekarang seperti berjalan di sepanjang koridor setiap pagi dan melakukan beberapa peregangan sederhana.

03. Menurut Anda, apa yang perlu diketahui wanita untuk memperhatikan kesehatan jantung mereka?

Saran saya yaitu pertama-tama waspada terhadap jenis makanan yang Anda makan. Menjadi sangat sadar. Makanan yang baik setara dengan kesehatan yang baik. Belajar untuk menyayangi diri sendiri dan Anda akan menyayangi kesehatan Anda. Sertakan olahraga dalam hidup sehari-hari Anda bahkan jika hanya berupa peregangan sederhana di samping tempat tidur saat Anda bangun. Olahraga tidaklah berarti harus mengerluarkan keringat. Sedikit untuk jangka panjang. Mengambil napas dalam-dalam juga sangat berguna.

 

04. Apa saran yang akan Anda berikan pada wanita berkaitan dengan kesehatan mereka?

Kesehatan kita sangatlah penting. Pikirkan diri Anda sendiri meskipun kesehatan Anda panting bagi Anda atau tidak. Saya juga ingin menambahkan bahwa kita para wanita sesungguhnya lebih kuat dibandingkan yang kita sadari. Bahkan dengan penyakit jantung, saya masih dapat menjadi aktif dan melakukan tugas rumah tangga saya. Jangan menyerah pada penyakit saat Anda tahu bahwa mereka dapat dicegah sejak awal.

05. Sudah setahun sejak didiagnosis, bagaimana perasaan Anda sekarang?

Dokter saya masih terus merawat saya dan mengingatkan saya untuk tetap berada dalam jalur. Bagi saya sendiri, saya merasa lebih bahagia dan lebih sehat secara keseluruhan dengan perubahan gaya hidup saya. Dukungan yang saya dapat dari keluarga saya juga sangat membantu saat ini.