Siapa yang sangka jika bumbu dapur dan rempah dapat diolah menjadi minuman tradisional yang sangat bermanfaat? Kencur, kunyit, jahe, asam jawa, serta bumbu dapur lainnya merupakan bahan-bahan yang digunakan dalam jamu.

Bagi masyarakat Indonesia, jamu adalah warisan budaya yang tak ternilai harganya. Jika awalnya jamu hanya dijadikan sebagai ramuan obat, kini jamu banyak digunakan untuk meningkatkan stamina, melangsingkan dan menjadi minuman sehari-hari yang bermanfaat bagi tubuh maupun kecantikan.

Di sisi lain, dikarenakan konsumsi obat-obatan yang terlalu banyak tidak baik bagi tubuh, tidak sedikit pula yang beralih ke jamu tradisional. Ingin sehat tapi dengan cara alami? Coba jamu tradisional yuk, apa saja jamu yang banyak disukai masyarakat dan apa saja manfaatnya akan kita bahas kali ini.

Beras kencur

Jamu ini terbuat dari beras dan kencur. Manfaatnya selain menyegarkan, minyak atsiri dalam kencur memiliki khasiat sebagai zat analgesic, sehingga membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri dan berkhasiat mengatasi rasa capek dan pegal. Tidak hanya itu saja, beras kencur juga bermanfaat untuk menambah tenaga, menambah nafsu makan dan membersihkan kulit dari jerawat.

 

Kunyit asam

Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang paling populer, jamu ini terbuat dari dari kunyit dan asam jawa dan biasanya diberi rasa manis dengan campuran gula jawa atau gula batu. Khasiatnya selain sebagai minuman penyegar, juga dipercaya mampu meringankan nyeri haid serta nyeri perut lainnya. Bagi wanita, kunyit asam dimanfaatkan sebagai jamu pelangsing. Jamu ini diyakini dapat menghaluskan kulit serta membuat wangi tubuh menjadi segar. Namun perlu diperhatikan, wanita hamil dilarang sering mengkonsumsi minuman ini, karena berbahaya bagi perkembangan bayi dalam kandungan.

Kunci sirih

Bahan baku jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu temukunci dan daun sirih. Biasanya selalu ditambahkan buah asam. Jamu ini biasanya dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan. Sedangkan manfaat lain yaitu untuk merapatkan bagian intim wanita, menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut.

Temulawak

Jamu jenis ini baik diminum oleh penderita penyakit hepatitis karena memiliki efek hepatoprotektor, yaitu efek untuk mencegah penyakit hati. Temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol maupun menghilangkan pegal linu pada tubuh.

Repot

DrinkPada umumnya, mengkonsumsi jamu  adalah merepotkan karena harus mengolah dan memprosesnya dari bahan mentah hingga siap konsumsi. Bahkan untuk menyeduh dari bubuk menjadi minuman siap saji saja oleh konsumen dianggap butuh waktu.

Jangan khawatir, karena saat  ini sudah banyak penjual yang menawarkan jamu dalam kemasan botol siap konsumsi. Kemasan siap konsumsi ini bisa dalam bentuk gelas atau botol plastik yang ringan dan mudah dibawa.  Jamu dalam kemasan instan ini juga lebih praktis karena dapat disimpan dalam lemari pendingin sebelum diminum.