food pyramid copyMenu makanan Asia mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi. Hal ini berdampak buruk bagi berat badan dan kesehatan. Apalagi jika tidak dikelola dengan baik. Akibatnya adalah meningkatnya obesitas, penyakit jantung,  diabetes, yang semuanya berkontribusi terhadap cepatnya proses penuaan.

Menu makanan yang rendah karbohidrat dan lemak, namun tinggi serat dan kadar protein sedang, bisa meningkatkan usia harapan hidup sekaligus mengurangi penyakit degeneratif. Aktivitas fisik sedang(empat hingga lima kali sepekan, 30 menit tiap sesinya) dengan beberapa kali latihan fisik berat yang dikelola dengan baik juga akan menambah massa otot; hal ini akan  membantu metabolisme lemak dan meningkatkan sirkulasi darah di organ vital. Kita tidak hanya akan tampak lebih muda, tapi juga membuat kadar endorfin meningkat, menjadikan kita lebih bahagia dan lebih tenang.

Program penggantian hormon (misalnya HGH/human growth hormone) tersedia di bawah pengawasan dokter, digunakan untuk mengembalikan tingkat keremajaan fungsi organ dan pembaruan sel. HGH tidak hanya menaikkan tingkat energi dan massa otot, tapi juga meningkatkan kinerja olahraga, membakar lemak dan memunculkan sensasi kesehatan. Suplemen Anti-oksidan juga dikenal luas dalam program anti-penuaan. Vitamin A, B, C, dan E memperbaiki kondisi kulit. Tidak hanya mendorong pergantian sel kulit namun juga melawan keriput, mengurangi hilangnya kandungan air dalam sel dan memperbaiki kulit yang rusak oleh sinar matahari. Agen topikal yang biasanya digunakan untuk menyasar keriput dan pigmentasi kulit diantaranya (alfa dan beta) asam hidroksi, tretinoin (turunan topikal dari vitamin A) dan vitamin C; semua produk kosmetik yang membantu pengelupasan kulit, penghilangan pigmentasi superfisial, dan penggantian kolagen kulit untuk tujuan anti penuaan.

Bahan-bahan lainnya yang umum untuk produk serupa adalah protein kedelai, yang meningkatkan adhesi sel dan menunjang perbaikan kulit, serta menyeimbangkan pigmentasi akibat noda di kulit, serta menanamkan protein heksapeptida yang mengurangi kontraksi kulit dan otot, meningkatkan integritas kulit dan mengurangi keriput.

Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan (terutama antara jam 10 pagi hingga 2 siang) adalah hal yang krusial jika Anda ingin tetap muda dan bebas keriput. Paparan sinar matahari minimal itu baik, tetapi terpapar berlebihan bisa merusak kulit dalam betuk noda, pembesaran pori, kulit kasar, keriput, atau pembuluh darah yang nampak jelas, termasuk juga faktor predisposisi (pemicu) kanker kulit. Direkomendasikan untuk menggunakan tabir surya yang menghalangi sinar UVA dan UVB setiap saat.

Sejumlah intervensi medis canggih yang menghasilkan peremajaan kulit  dengan masa pemulihan minimal antara lain laser Nd:Yag dan IPL photo rejuvenation. Penanganan semacam ini dilakukan untuk pigmentasi noda, pori terbuka atau tersumbat, garis dan jerawat. Kedua jenis perawatan tersebut dilakukan dengan memanaskan lapisan dalam kulit sekitar 20 menit, tidak ada rasa nyeri dan tanpa masa pemulihan.  Terlebih lagi, hasilnya lebih menjanjikan; setelah sekali penanganan, kulit tampak lebih seimbang coraknya, bersinar dan menarik. Dengan penanganan beberapa kali, masalah kulit bisa ditangani, dan bahkan disembuhkan lewat penanganan kulit yang dikelola oleh dokter.

Keriput bisa diperbaiki dengan prosedur intervensi estetika seperti injeksi Botox. Botox adalah protein yang dimurnikan yang menghalangi transmisi listrik ke otot yang mengakibatkan kulit mengkerut, menghasilkan tampilan yang lebih muda. Botox juga bisa digunakan untuk memperindah payudara dengan mengangkat dan mengencangkan daerah decolletage. Injeksi filler atau kolagen ditujukan untuk lipatan yang lebih dalam yang muncul karena tidak adanya kontraksi otot, seperti di nasolabial (garis paralel dengan jembatan hidung) atau garis komisurial mulut bawah (garis di bawah sudut bibir), untuk membuat wajah lebih berisi, mengembalikan volume wajah yang hilang akibat bertambahnya usia.

Pengencangan wajah non bedah dilakukan bagi yang takut dengan pisau bedah. Mesin laser menggunakan infra merah atau gelombang frekuensi radio untuk memperbaiki rahang, pipi, dan kelopak mata yang kendor serta kulit yang tak lagi kencang akibat turunnya berat badan secara berlebihan dan melahirkan. Jika Anda peduli terhadap rambut rontok, pastikan Anda membuat janji dengan dokter untuk menemukan penyebab medisnya. Penyebabnya bisa jadi anemia dan malfungsi kelenjar tiroid. Stres, kelahiran, dan kebotakan seperti pada lelaki adalah penyebab umum rambut rontok.

Jika tidak ada masalah kesehatan, kebiasaan mencuci rambut secara teratur (setiap hari atau hari-hari tertentu) penting untuk membersihkan kulit kepala, demikian juga penggunaan sampo kesehatan untuk menghilangkan masalah kulit kepala seperti ketombe atau infeksi jamur. Sampo yang mengandung ketoconazole adalah contoh tonik rambut untuk memperbaiki sirkulasi kulit kepala, sangat baik jika dikelola oleh dokter yang berkualifikasi, karena produknya memiliki kekuatan yang bervariasi, dan ada versi bajakan yang bisa dibilang tidak mujarab.

Suplemen oral mungkin juga diresepkan oleh dokter untuk kulit kepala dan makanan rambut serta sangat bagus bekerja secara sinergis dengan perawatan topikal. Meskipun demikian, hasilnya membutuhkan waktu hingga enam bulan sampai menjadi nyata.

“Dengan gaya hidup sehat, anda bisa memutar balik waktu dari dalam. Terdapat juga sejumlah besar perawatan anti penuaan yang bisa  disediakan oleh dokter. pilihan yang anda buat hari ini terhadap program anti penuaan akan mempengaruhi bagaimana perasaan dan penampilan anda.”