KOSMETIK_ORGANIK copyTubuh manusia telah dibekali dengan kemampuan untuk menyembuhkan dan meremajakan diri sendiri (rejuvenasi). Tetapi, kemampuan tersebut terbatas, dan kian terkikis oleh pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Namun, bukan berarti Anda wajib merogoh kocek dan mencekoki tubuh dengan obat-obatan, terapi sulih hormon, serta operasi. Masih banyak cara lain yang lebih alamiah untuk meremajakan kembali diri Anda.

Saat ini, banyak sekali hasil alam yang bermanfaat untuk mengulur ekspektasi usia, menyehatkan tubuh, memperlambat laju penuaan, serta memperkuat kemampuan rejuvenasi alami tubuh.

Empat caranya dapat Anda intip berikut ini.

Teh Hijau

Bila Anda terbiasa mengawali hari dengan secangkir kopi hangat, cobalah menggantinya dengan teh hijau. Tak hanya membuat tubuh lebih segar, teh hijau juga dipercaya dapat memerangi Alzheimer dan degenerasi mental lainnya. Hal tersebut tak terlepas dari polifenol, sejenis antioksidan yang terkandung dalam teh hijau, yang dapat meningkatkan ketajaman kognitif, serta kemampuan belajar. Khususnya lagi, katesin.

Berita baik lainnya, terutama bagi Anda yang sedang berdiet, teh hijau dapat membantu mengurangi timbunan lemak di perut, bila dipadankan dengan pola diet yang tepat.

Jadi, bagi Anda yang ingin performa otaknya tak tergerus usia, jangan lupa meneguk secangkir teh hijau setiap hari. Sebisa mungkin, pilihlah teh hijau yang alami, agar kandungan antioksidannya tetap melimpah.

Magnesium

Bicara mengenai magnesium, mitokondria – pembangkit tenaga di sel tubuh – lah yang paling banyak menuai manfaat, terutama untuk membantu menghasilkan energi bagi tubuh. Tak hanya itu, mineral ini juga membantu menjaga kesehatan jantung, meredakan kram otot dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Sayangnya, manusia umumnya kekurangan magnesium, karena terlalu sering mengonsumsi produk olahan susu, dan makanan yang banyak mengandung garam. Ditambah lagi, bahan makanan yang banyak mengandung magnesium pun terbatas, hanya ditemui di kulit padi (rice bran), gandum utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Oleh sebab itu, bila ingin kebutuhan magnesium  terpenuhi, rutinlah mengonsumsi biji labu (pumpkin seeds), wijen (sesame seeds), benih bunga matahari (sunflower seeds), kacang almond, kacang brazil dan kacang mede. Selain itu, gantilah roti tawar dan beras putih dengan roti tawar gandum utuh dan beras merah.

Kapulaga

Mungkin Anda masih asing dengan kapulaga. Tetapi, khasiat kesehatan rempah itu begitu melimpah, termasuk meningkatkan sirkulasi darah, dan menambah energi. Di samping itu, kapulaga juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh, dengan berperan sebagai tonik untuk mengembalikan vitalitas, serta antidepresan untuk mengentaskan gangguan mental.

Tak cukup sampai di situ, kapulaga pun berperan sebagai  pembangkit napsu seksual, serta pereda demam, kesulitan cerna dan intoleransi gandum.

Raihlah manfaatnya dengan menambahkan rempah tersebut saat membuat kue, atau mengolahnya menjadi teh chai yang nikmat dan kaya manfaat.

Magnolia

Saat stres, sebagian orang cenderung berlari ke “makanan penenang”, seperti coklat, es krim atau kue kering. Efektifkah? Sama sekali tidak. Justru, kebiasaan tersebut dapat membentuk pola makan baru, yang bila diteruskan, akan berujung pada satu hasil yang jelas: obesitas.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mematahkan lingkaran setan tersebut, yakni magnolia. Kulit kayu magnolia dipercaya dapat mengontrol napsu makan, memperlancar sistem cerna, dan mengurangi bengkak serta kembung. Sementara itu, bunganya berpengaruh untuk meredakan alergi dan sinusitis.

Pengaruh tersebut berasal dari fitokimia yang dikandung magnolia, honokiol. Senyawa tersebut dipersenjatai dengan bahan anti-stres, yang terutama berguna untuk mengontrol napsu makan dan berat tubuh.

Anda dapat merasakan manfaat magnolia dengan mencampurkannya dengan rempah-rempah tradisional lainnya. Tak usah takut, rempah ini sudah mudah dijumpai, terutama di toko penjual obat-obatan herbal.

Dengan menerapkan empat langkah rejuvenasi alami tersebut, niscaya hidup Anda akan semakin sehat, bervitalitas dan sejahtera.