Rambut adalah mahkota wanita. Karenanya, peran rambut amat vital dalam menunjang penampilan. Salah satu yang diminti kaum hawa adalah model rambut panjang. Namun, mempunyai rambut panjang ternyata harus membutuhkan perawatan ekstra, sebab kerontokan sering terjadi pada wanita yang memiliki rambut panjang tersebut.

Rambut rontok

Mengapa ini dapat terjadi? Hal ini disebabkan karena akar rambut yang menjadi rapuh. Anda bisa menuangkan tonic rambut ke akar – akar rambut Anda setelah habis keramas, kemudian pijat secara lembut. Tonic berfungsi untuk menguatkan akar rambut.

Selain penyebab rambut yang rontok karena akar rambut yang rapuh, ternyata ada sebab lain mengapa rambut menjadi rontok. Sebab – sebab rambut menjadi rontok lainnya yaitu karena hormon, stress, radiasi, kondisi setelah melahirkan ataupun karena pemakaian obat-obat yang memiliki dosis yang keras. Itulah mengapa orang – orang yang sedang dalam masa kemoterapi mengalami kerontokan rambut dengan cepat, karena rambut mereka mengalami radiasi serta diharuskan untuk meminum obat-obatan yang memiliki dosis yang tinggi.

Disamping itu, faktor penyakit dalam yang sudah kronis, alergi, penyakit jamur kulit serta emosional pun dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada seseorang.

Jika kondisi rambut yang rontok berlangsung terus menerus, sebaiknya Anda pergi ke dokter spesialis, seperti dokter kulit dan kelamin terdekat untuk mengkonsultasikannya. Perlu digarisbawahi, seseorang dapat dikategorikan mengalami masalah rambut yang rontok jika jumlah rambut yang lepas dari akarnya tersebut mencapai 100 helai setiap harinya.

Kenali Lebih Jauh

Vitamin A sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mata kita. Namun, tahukah Anda jika mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan dapat menjadi penyebab pada kerontokan? Untuk itu, disarankan agar mengkonsumsi vitamin A secukupnya saja.

Selanjutnya, hindari untuk melakukan bleach pada rambut lalu penggunaan minyak rambut yang salah yaitu pada kulit kepala dan menggunakan konditioner yang mengandung protein. Dan, hal yang perlu ditekankan yaitu kebiasaan untuk tidak melepas bando atau ikat rambut itu merupakan penyebab mengapa rambut yang rontok masih saja terjadi pada rambut Anda. Untuk itulah, usahakan untuk melepas segala aksesoris yang melekat pada rambut Anda untuk mencegah terjadinya kerontokan.