Tak hanya memiliki rupa yang cantik dan rasa yang enak, tomat merupakan buah yang mempunyai sejuta manfaat. Buah yang satu ini kerap dijadikan sebagai olahan makanan maupun minuman. Yang kerap kita jumpai seperti jus tomat, sup tomat, sampai dengan saus tomat. Selain harganya murah, buah tomat juga mudah untuk didapat.

Tomat

Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sama halnya dengan buah jeruk. Mungkin masih sedikit dari anda yang tahu akan hal itu. Disamping banyaknya kandungan vitamin C, tomat juga memilik kandungan vitamin A yang tinggi. Berikut info lengkap mengenai manfaat dan khasiat tomat bagi kesehatan.

Obat Penyakit Anemia

Khasiat tomat yang pertama, Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Hal tersebut dapat diatasi dengan anda mengonsumsi buah tomat secara rutin, 2 sampai 3 buah per hari.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah saya katakan tadi bahwa tomat memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Oleh sebab itu tomat bagus untuk menjaga kesehatan mata bila dikonsumsi secara teratur. Selain menjaga kesehatan mata, tomat juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit rabun senja.

Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat tomat yang lain karena kandungan lycopene yang banyak terdapat pada buah tomat dapat melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit anda gosong. Tomat juga terbukti dapat mencerahkan dan membuat kulit sehat.

Obat Diabetes

Menurut salah satu penelitian bahwa mengonsumsi 2 buah tomat setiap hari mampu menjauhkan anda dari resiko terkena penyakit diabetes tingkat 2.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain sebagai obat diabetes, tomat terbukti dapat menjaga kesehatan jantung karena dalam tomat banyak terkandung Vitamin B, dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah dalam keadaan normal. Hal tersebut yang dapat membuat tomat mampu meminimalisir terjadinya serangan penyakit jantung & stroke.