Nasi adalah makanan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari bagi sebagian besar orang Indonesia, dan merupakan makanan pokok yang tidak bisa digantikan oleh sumber karbohidrat lainnya. Nasi (beras) mengkontribusi 60% -70% dari total pangan yang kita makan setiap hari.

Beras Organik

Diantara beras yang beredar, beras organik menjadi pilihan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Sedangkan proses organik adalah budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Proses ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya.

Proses budidaya beras organik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. Untuk pemberantasan hama menggunakan pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yang difermentasikan secara alami. Proses organik dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Diungkapkan Christopher Emille Jayanata, pendiri Komunitas Organik Indonesia (KOI), mengkonsumsi beras organik memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Pasalnya, beras organik memiliki kandungan indeks glukemik yang rendah, mengandung serat pangan dan serat larut yang tinggi, sehingga tahan lebih lama di dalam lambung. Manfaat lain dari beras organik adalah sanggup meningkatkan kontrol metabolik dan melancarkan metabolisme serta memperbaiki sistem organ tubuh, kaya akan kandungan vitamin dan mineral, serta mengandung 50 persen anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

“Tak hanya itu saja,  setelah dimasak, nasi yang berasal dari beras organik akan menjadi nasi yang amat pulen, lembut, empuk, beraroma wangi, gurih, tidak cepat basi selama 3-4 hari bila tidak dihangatkan,” papar Eille beberapa waktu lalu. Ditambahkannya, karena keunggulan-keunggulan tersebut, tak heran beras organik kian mendapat tempat di masyarakat

Salah satu penyedia beras organik adalah PT Tanavit Organik Murni. PT Tanavit Organik Murni telah memulai pemasarannya di Jakarta pada tahun 2006. Perusahaan ini tumbuh sebagai penyedia produk organik dengan harga terjangkau. Beras organik Tanavit tidak mengandung kadar gula, sehingga cukup aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, karena dikelola dengan proses organik, dipastikan tak ada bahan kimia yang terkandung di dalamnya.