Tampil cantik dan menarik merupakan dambaan setiap wanita. Karenanya, banyak wanita mengupayakan diri untuk merawat dan mempertahankan kecantikannya. Berbagai macam jenis merek produk kecantikan pun bermunculan,  mulai dari produk perawatan sampai dengan kosmetika untuk kecantikan wajah dijual bebas di pasaran. Bersamaan dengan gencarnya produk kecantikan yang menawarkan inovasi mutakhir, dunia kecantikan menyerukan suatu langkah perubahan ke jalur hijau.

Kosmetika Organik

Dari situlah lahir varian baru, ‘green cosmetics’, rangkaian produk kecantikan dan perawatan tubuh ramah lingkungan. Produk kecantikan organik juga diklaim lebih berkhasiat dibandingkan kosmetik natural karena mengandung antioksidan 40% lebih banyak.

Selain itu, dibandingkan produk kecantikan dengan senyawa kimia tinggi, ‘green cosmetics’ ini lebih cepat diserap tubuh karena sifat bahan-bahannya yang alami. Keuntungan lainnya, dengan menggunakan ‘green cosmetics’, maka kita bisa mengurangi paparan bahan kimia pada kulit. Berdasarkan fakta tersebut, wajar bila kaum hawa mulai beralih ke kosmetika “hijau” ini.

Sebuah perusahaan survei di Amerika menyebutkan peminat produk kecantikan dan perawatan organik meningkat sebesar 37 persen di kalangan wanita berusia di bawah 35 tahun. Popularitas produk kosmetik organik juga semakin meningkat setelah beberapa selebriti seperti Alicia Keys dan Denise Van Outen beralih ke kosmetika organik, termasuk sering melakukan perawatan tubuh di Calmia, spa organik di London.

Hasil survei yang dilakukan lembaga penelitian independen Mintel menyebutkan, bahwa satu dari lima wanita berusia 25-34 tahun di Amerika menganggap kemasan ramah lingkungan sama pentingnya dengan kandungan organik yang ada di dalam kosmetik yang mereka gunakan.

Selain itu, studi tersebut menyatakan bahwa sebanyak 40 persen perempuan Amerika menjadikan kemasan ramah lingkungan sebagai salah satu alasan mereka membeli produk kosmetik tertentu. Industri kecantikan pun langsung merespon hal tersebut.

Selain menetapkan standar organik pada beragam produk kencatikan, menggunakan bahan-bahan alami, dan meminimalkan penggunaan senyawa kimia, teknik pengemasan pun lebih diperhatikan, termasuk dengan menggunakan material seperti bambu atau bahan-bahan daur ulang untuk kemasan produk kosmetik.

Tips Menggunakan Kosmetika Organik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan produk kecantikan organik agar memberikan hasil maksimal, yaitu:

  1. Ketahui dahulu problem wajah, kemudian konsultasikan dengan ahlinya untuk mendapatkan kosmetik organik yang tepat sesuai dengan problem wajah. Bila wajah Anda memang tidak membutuhkan produk kecantikan apa pun, termasuk kosmetik organik sebaiknya jangan memaksakan diri sebab bisa saja akan menimbulkan efek, seperti komedo semakin banyak, jerawat bermunculan dan wajah gatal-gatal.
  2. Jangan langsung membeli produk kecantikan organik. Tapi, sebaiknya coba mengoleskannya sedikit di belakang daun telingga atau di lipatan tangan.
  3. Pastikan merek produk kecantikan yang akan dibeli terdapat di Dinas Kesehatan atau terdapat kode registernya. Jadi, teliti kemasan produk yang akan dibeli untuk memastikan produk tersebut benar-benar aman digunakan.
  1. Pilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit. Jika memiliki kulit berminyak, cari produk khusus untuk kulit berminyak. Begitu pula bila memiliki kulit normal atau cenderung kering. Pastikan produk yang kita gunakan benar-benar sesuai dengan jenis kulit kita.
  2. Teliti bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik yang dibeli. Apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak.