Saat menginjak usia 40 tahun ke atas atau lansia, kita harus mulai memilah-milah makanan apa yang bisa kita makan dan makanan apa yang tidak. Pasalnya, berbeda pada saat usia muda yang bisa bebas makan apapun yang disukai, berkurangnya fungsi organ tubuh mengharuskan lansia harus berhati-hati.

Sleeping

Jika tidak berhati-hati malah akan membahayakan diri karena kesehatan dan nyawa mereka terancam. Tapi anda tidak usah kawatir, ada beberapa jenis makanan enak yang bisa anda konsumsi lansia agar tetap sehat di usia lanjut.

Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh lansia karena banyak mengandung asam amino dan vitamin E. Kandungan nutrisi dalam kacang almond terbukti mampu memerangi masalah kolesterol.

Gandum

Gandum utuh terkenal sebagai makanan yang kaya akan serat serta potasium. Di lansia, makan gandum sebagai pengganti nasi sangat dianjurkan karena dapat menjaga kestabilan darah. Makan gandum secara rutin akan membuat anda terhindar dari darah tinggi atau hipertensi.

Ubi Jalar

Anda dapat mengonsumsi ubi jalar sebagai alternatif mengganti nasi, karena ubi jalar kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Selain itu ubi jalar terbukti ampuh untuk menghindarkan anda dari penyakit diabetes.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang ampuh untuk menjaga sistem pencernaan anda. Yogurt kaya akan probiotik yang mampu merawat fungsi pencernaan. Pilihlah yogurt yang rendah lemak.

Susu Kedelai

Susu kedelai sangat baik dikonsumsi oleh lansia karena akan mempertahankan kepadatan tulang dan menghindarkan anda dari ancaman osteoporosis. Mengonsumsi susu kedelai lebih dianjurkan dibanding susu sapi untuk orang yang sudah menginjak usia lanjut, karena susu kedelai lebih mudah untuk dicerna tubuh.