plantpartySiapa yang tidak ingin mencoba gaya hidup hijau dalam semua aspek kehidupannya? Merencanakan pesta yang ramah lingkungan adalah cara yang baik untuk mengurangi jejak karbon sekaligus memadukan gaya hidup yang lebih hijau dalam kehidupan. Tidak peduli jenis pesta apa yang ingin diselenggarakan, ada cara-cara untuk melakukan hal yang akan menyenangkan planet dan juga tamu-tamu Anda!

Dibandingkan dengan membeli undangan kertas yang dibuat dari pohon dan sepertinya tidak akan didaur ulang, kirimkan email atau pesan teks sebagai undangan. Ada banyak undangan e-card yang dapat ditemukan secara online, atau Anda menjadi kreatif dengan email Anda sendiri. Jika Anda harus membuat undangan kertas tradisional, buat dari kertas yang biasanya akan Anda daur ulang, atau pastikan undangan yang Anda beli dibuat dari bahan yang berkesinambungan. Ide lain adalah membeli kertas benih yang dapat ditanam setelahnya.

Dekorasi

Dekorasi adalah bagian penting pada setiap pesta. Dengan sedikit ide kreatif, dekorasi dapat menjadi hijau, dan tidak berakhir dalam sampah saat pesta selesai. Sebagai ganti serbet dan piring kertas, gunakan barang-barang yang telah Anda punya atau belanjakan uang yang seharusnya Anda gunakan untuk barang-barang kertas untuk membeli barang-barang di toko barang bekas. Menggunakan serbet kain dan piring biasa yang telah Anda punya akan menghemat tidak hanya uang, tetapi juga ruang dalam tempat pembuangan sampah. Jika Anda merasa ingin menggunakan piring kertas, pilih yang ter-biodegradasi dan dibuat dari bahan yang dapat diperbarui atau kertas daur ulang. Saat memikirkan bagian utama, beli bunga yang dapat ditanam ulang di taman, atau berikan pada tamu sehingga mereka dapat membawa pulang untuk ditanam. Bunga yang tumbuh secara lokal juga dapat dibeli untuk menambah warna di sekeliling pesta. Anda juga dapat menggunakan tanaman rumah dan bunga sutra yang mungkin sudah Anda miliki.

Makanan

Makanan yang enak merupakan bumbu utama pada semua pesta hebat dan menyadari tentang apa yang tamu konsumsi adalah cara yang baik untuk menambah kehijauan pesta. Buat hidangan dari makanan yang diproduksi secara lokal adalah tempat terbaik untuk mulai. Jika ingin membeli makanan dari seseorang, cari katering dari restoran lokal. Cari daging lokal, dan beli bahan organik sebisa mungkin. Panggang kue dari awal, menggunakan bahan organik, atau beli cemilan manis dari toko roti atau pembuat roti lokal.

Minuman

Tidak ada pesta yang lengkap tanpa minuman. Beli anggur dari pabrik anggur lokal jika ada di dekat Anda. Jika tidak, cari anggur yang diproduksi di daerah yang dekat dengan Anda, atau pilih untuk membeli jenis organik. Ada banyak anggur organik yang akan menyempurnakan pesta hijau. Anda juga dapat membuat limun sendiri, dan sajikan dalam suatu mangkuk kaca besar atau. Selalu sajikan minuman dalam gelas. Jika ini bukanlah pilihan, pastikan ada stasiun daur ulang bagi gelas plastik untuk didaur ulang.

Hadiah

Hadiah sering menjadi bagian dari pesta, dan memilih menjadi se-ramah lingkungan mungkin dalam membungkus dan memilih kado lebih mudah dari yang Anda kira. Dibanding mengeluarkan uang untuk kertas yang lebih cenderung akan dibuang, pilih membungkus hadiah dengan koran atau kantong belanja kertas yang telah Anda gunakan. Ikatkan syal berwarna mengelilingi hadiah sebagai alternative bagi kertas. Pilihan lain untuk ide-ide hadiah hijau adalah menyatukan semua hadiah pemberian sebagai gantinya. Tanyakan apakah di tempat hadiah tradisional, uang yang dihabiskan untuk sebuah hadiah diberikan untuk hal yang ramah lingkungan seperti donasi.

Saat dilakukan dengan benar, merencanakan pesta yang ramah lingkungan dapat menjadi mudah, murah, dan menyenangkan. Ada berbagai macam cara untuk tetap kreatif, pesta yang berhasil, dan menjadi hijau pada waktu yang sama. Setelah pesta ramah lingkungan berhasil, Anda akan merasa terdorong untuk mulai untuk merencanakan semua pesta dan hari libur dengan cara yang sama.

– Jen Keehn