Pentingnya pemeriksaan gigi teraturPemeriksaan gigi teratur harus dilakukan setiap enam bulan sebagaimana direkomendasikan oleh American Dental Hygienists Association. Kunjungan ke dokter gigi selalu menjadi penyebab kegelisahan. Pemeriksaan gigi yang teratur penting karena alasan sebagai berikut:

  • Untuk memperkirakan seberapa sehat gigi dan gusi Anda dan karenanya mengobati penyakit.

  • Untuk mengevaluasi risiko pembusukan gigi dan penyakit gusi sehingga perkiraan pencegahan akan dilakukan sebelum penyakit menjadi lebih sulit diobati dan diatasi.

  • Untuk mengatasi bengkak dalam semua bagian mulut Anda termasuk gusi dan pengeroposan tulang.

  • Untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang tidak biasa dalam rongga mulut Anda seperti perubahan warna mukosa mulut atau leukoplakia (bercak putih dan abu-abu di dalam mulut) yang dapat menjadi tanda kelainan yang lebih serus seperti infeksi.

  • Untuk memeriksa kanker mulut. Kanker mulut terus-menerus menjadi populer dan pemeriksaan gigi dapat mengidentifikasi penyakit fatal ini pada tahap awal.

Jika Anda tidak memiliki gigi dan mengenakan gigi palsu, pemeriksaan gigi masih penting. Pemeriksaan dengan dokter gigi akan memperkirakan seberapa bagus gigi pengganti atau palsu Anda. Seringkali, gigi palsu dapat mengiritasi mukosa mulut yang lunak dan menyebabkan rasa sakit dan infeksi, dalam beberapa kasus, pemeriksaan gigi bahkan dapat menjadi penyelamat hidup karena tanda-tanda kanker mulut dapat tersembunyi di bawah gigi palsu.

Apa yang terjadi saat pemeriksaan gigi rutin?

Dokter gigi Anda akan melakukan hal berikut:

  • Menggunakan peralatan gigi, dokter gigi Anda akan memeriksa mulut Anda dan mengevaluasi higenitas mulut.

  • Mencermati gigi Anda satu demi satu untuk mengkaji kondisi tiap gigi. Apakah membusuk atau akan tanggal? Jika dokter gigi menemukan rongga, ia akan menambalnya untuk mencegah pembusukan gigi lebih lanjut. Kemudian, dokter gigi akan memeriksa tambalan dan kepala gigi yang rusak.

  • Ia akan mengevaluasi risiko pembusukan gigi termasuk akar, penyakit gusi seperti gingivitis dan penyakit tulang, kemungkinan tanggalnya gigi dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengobati hal ini. Gigi mana yang perlu diperbaiki atau diganti? Jika beberapa gigi Anda membusuk dan perlu dicabut, maka Anda akan membutuhkan jembatan gigi. Atau dokter gigi menemukan gigi pecah atau retak kemudian Anda memerlukan kepala gigi. Jika  gigi tidak dapat diselamatkan, dokter gigi dapat merekomendasikan implan gigi.

  • Melihat masalah berdasarkan gusi Anda dengan menggunakan suatu pemeriksa untuk memeriksa di sekitar tiap gigi untuk memperkirakan adanya penyakit gigi tahap awal.

  • Mencari tanda-tanda kanker mulut. Dokter gigi akan meraba sisi leher dan di bawah rahang apakah ada kelenjar getah bening yang membesar. Memeriksa dalam bibir dan pipi, lidah dan langit-langit mulut.

  • Memeriksa mukosa mulut atau jaringan untuk ulkus dan luka.

  • Mencari masalahan berkaitan dengan gigitan atau rahang dan apakah gigi bengkok atau tidak sejajar. Dokter gigi mengevalusi gigitan dengan menggunakan cetakan gigi  di salah satu atau kedua rahang. Cetakan juga berguna untuk membuat pelindung gigi atau nampan pemutih yang dapat Anda gunakan jika gigi bernoda.

  • Lakukan sinar-x pada di gigi untuk mengkaji daerah-daerah khusus mulut dan prosedur diagnostik lainnya jika diperlukan untuk memperkirakan beberapa masalah untuk memperkirakan pembusukan yang tersembunyi di antara gigi dan kadar tulang yang dapat mengindikasikan penyakit periodontal.

  • Membersihkan gigi dan menghilangkan noda.

  • Merekomendasikan beberapa prosedur kosmetika yang dapat meningkatkan penampilan gigi dan mencerahkan serta mempercantik senyum.

  • Mengajari Anda cara yang tepat menggosok dan menggunakan benang gigi atau membersihkan gigi palsu.

Hal penting yang harus diketahui dokter gigi Anda apakah Anda menderita penyakit seperti diabetes, yang membuat Anda semakin berisiko terhadap penyakit gusi. Dokter gigi ingin mengetahui pengobatan Anda juga. Beberapa pengobatan dapat menyebabkan mulut kering yang dapat membuat Anda rentan terhadap pembusukan gigi. Jika Anda mempunyai arthritis yang mempengaruhi tangan, dan sebagai akibatnya mempengaruhi seberapa baik Anda menggosok gigi, dokter gigi Anda akan merekomendasikan sikat gigi yang beradaptasi dengan tangan seperti memasukkan sikat gigi ke dalam bola karet untuk kenyamanan dalam menggosok gigi atau bahkan menggunakan sikat gigi yang bekerja dengan baterai.

Jika dokter gigi Anda teliti, ia akan mendiskusikan pola makan terbaik bagi gigi yang kuat dan sehat; merokok atau faktor gaya hidup lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi Anda secara keseluruhan.

Pemeriksaan gigi rutin adalah suatu bagian penting dari pencegahan dan promosi kesehatan mulut. Jadi jangan lewati semua pemeriksaan penting ini. Saat selesai, Anda akan merasa sangat gembira!

– Dr Lillian Laruan