Usia balita adalah masa penting bagi manusia dalam pembentukan fungsi otak. Asupan nutrisi jadi begitu penting di masa ini, agar perkembangannya dapat berjalan dengan maksimal. Pada usia itulah sel-sel otak sangat memerlukan asupan nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan.

Nutrisi Otak copy

Lalu, dari mana nutrisi berasal? Nutrisi tersebut diperoleh dari makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Perlu diperhatikan agar orang tua agar memberikan makanan yang bergizi guna menunjang perkembangan fisik maupun mental anak.

Ada beberapa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak untuk mendukung kecerdasan. Nutrisi apa sajakah itu? Berikut ini adalah informasi mengenai macam-macam nutrisi yang diperlukan oleh anak, utamanya usia balita untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Asam Lemak Omega 3, 6, dan 9

Asam lemak omega 3, 6, maupun omega 9 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk mendukung pembentukan syaraf pada otak. Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung asam lemak omega 3, 6, dan 9 seperti ikan salmon dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan anak.

Asam Amino

Seperti halnya asam lemak omega 3, 6, dan 9, asam amino merupakan asam yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak. Asam amino dipercaya sebagai pembentuk struktur otak dan sebagai penghantar rangsangan pada otak. Jadi mengonsumsi asam amino membuat otak kita menjadi encer, dengan kata lain dapat membuat otak menjadi tidak lemot.

Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak. Selain itu vitamin B juga dapat meningkatkan memori dalam otak sehingga kita lebih mudah untuk mengingat sesuatu.

Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dipercaya dapat menjaga dan memelihara kinerja sistem syarat pada otak. Konsumsi zat besi yang cukup dapat memelihara otak dari berbagai macam masalah syaraf.

Vitamin E

Vitamin E tidak hanya baik untuk kesehatan kulit,  tapi juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.