Penggunaan Lemak Tubuh Pada Bedah Estetika dan RekonstruksiKelebihan lemak dalam tubuh sering dilihat sebagai lapisan tidak sehat yang dapat mengganggu anatomi tubuh dan membuatnya tampak tidak proporsional. Karena putus asa, seseorang yang memiliki lemak tubuh berlebih sering mencari solusi medis untuk menyingkirkannya sehingga bentuk dan kontur tubuh yang diinginkan dapat diperoleh dan dipertahankan. Baru-baru ini, para dokter bedah plastik menemukan cara yang menakjubkan untuk memanfaatkan lemak tersebut dengan mentransfernya ke bagian tubuh yang tidak sempurna untuk memperbaiki kecacatan kontur.

Sekarang dalam penggunaan, yang sekstensif, bedah rekonstruktif memindahkan sel-sel lemak yang mengandung sel-sel induk untuk meregenerasi jaringan lunak dan memulai pasokan darah baru. Hal ini kemudian akan meningkatkan kualitas jaringan lunak atrofi dan kulit. Kulit kendur dan keriput yang merubah raut wajah dapat diperbaiki dengan mengangkat kontur yang tertekan sehingga membuat pasien tampak lebih muda, kulit wajah yang lebih halus dan kencang. Selain transfer sel induk, prosedur ini juga akan meningkatkan kualitas jaringan lunak dan dalam jangka panjang dapat mempertahankan struktur kulit. Metode ini juga telah banyak digunakan untuk operasi peningkatan estetika payudara dimana lemak pasien sendiri digunakan untuk membentuk payudara. Dalam operasi rekonstruksi payudara, lemak dapat digunakan untuk membentuk payudara yang menyimpang setelah lumpektomi, mastektomi atau mengikuti rekonstruksi payudara pascamastektomi. Lemak juga akan meningkatkan kualitas kulit dan jaringan lunak setelah radiasi ion.

sumber  lemak?

Lemak yang digunakan dalam prosedur ini dapat diambil dari seluruh tubuh, tetapi yang paling umum berasal dari perut, pinggang, paha, pantat, lengan dan punggung.

Normalnya lemak diambil dari perut, pinggang dan paha untuk transfer lemak autologous. Untuk wilayah yang kecil seperti wajah, jumlah yang diperlukan hanya sedikit dan sebuah kanula kecil dengan penyuntik dapat digunakan untuk menghilangkan lemak secara manual.

Payudara. Untuk daerah yang lebih besar seperti payudara, normalnya menggunakan Water Jet atau Vaser Liposuction untuk menghilangkan lemak. Setelah membasuh dan menyaring, lemak ditransfer ke dalam daerah di bawah dan atas payudara tetapi bukan pada jaringan payudara. Lemak ini kemudian akan mengambil pasokan darah dan bertahan hidup sehingga terbentuk sejumlah besar peningkatan. Bagi para pasien yang ingin meningkatkan payudara ke ukuran yang lebih besar, akan diperlukan beberapa sesi transfer lemak. Sebagian lemak yang ditransfer mungkin tidak akan bertahan hidup tetapi sebagian lagi yang bertahan hidup akan menjadi permanen. Harus ditekankan bahwa lemak yang ditransfer akan memerlukan waktu untuk mengambil pasokan darah, bertahan hidup dan kemudian berkembang serta membuat perubahan sesuai hasil yang diinginkan. Perlu waktu beberapa bulan sebelum hasilnya dapat dilihat.

Bokong/Pantat. Lemak juga telah digunakan secara ekstensif untuk memperbaiki bagian bokong, terutama pasien yang ingin memiliki bokong yang padat dan kencang. Sejauh ini hasilnya sangat memuaskan. Metode yang sama juga telah digunakan untuk mengisi kekurangan/cacat kontur akibat pengambilan ekstensif jaringan lunak akibat tumor atau dalam area yang disuntik dengan silikon oleh pegawai non-medis. Granuloma silikon ini jika tidak diambil akan mengganggu anatomi tubuh, menyebabkan peradangan dan untuk beberapa hal bisa menghasilkan kanker jaringan lunak.

Wajah. Untuk wajah, cangkokan lemak akan memperbaiki daerah keriput dan cekung pada wajah sehingga menambahkan kesempurnaan pada lipatan naso-labial, pipi dan bibir yang cekung. Kelebihan dan keagresifan pencangkokan bisa memicu bentuk yang tidak diinginkan dan kontur yang terdistorsi.

Efek samping Prosedur ini dapat diulangi sebanyak mungkin. Efek samping yang mungkin muncul sangat sedikit seperti pembengkakan, memar dan ketidaknyamanan pada area sumber lemak diambil dan juga daerah penerima. Diperlukan luka tusukan kecil untuk mengambil lemak. Ada sedikit kemungkinan infeksi atau reaksi alergi.

Manfaat secara keseluruhan

Prosedur pencangkokan lemak autologous sekarang digunakan secara berkembang pada prosedur estetika dan rekonstruktif untuk memperbaiki kontur tubuh dengan menggunakan jaringan tubuh sendiri. Hasilnya, tidak ada penolakan dan dapat dilakukan lebih dari sekali. Hasil dari prosedur ini permanen dan akan digabungkan secara alami ke dalam tubuh, karena cangkokan lemak yang ditransplantasi juga mengandung beberapa sel induk, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi dan kualitas area penerima. Hal ini juga telah semakin sering digunakan oleh disiplin bedah lainnya karena potensinya sebagai donor yang bermanfaat sedang direalisasikan.

Dr Yeap Choong Lieng Dokter Bedah Plastik
Dr Yeap Choong Lieng adalah lulusan  Medical College dari University of Singapore. Beliau adalah Dokter Bedah Plastik dan Kepala Deputi dari Departemen Bedah Plastik di Singapore General Hospital , sampai beliau mengundurkan diri untuk memulai praktek pribadinya di Mount Elizabeth Medical Centre/Hospital. Dr Yeap secara aktif mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang Bedah Estetika dan melakukan perjalanan mengajar tahunan ke negara-negara kurang berkembang untuk mengedukasi para dokter bedah tentang bedah rekonstruksi