shutterstock_35910373 copyMengapa aktivitas di ruang terbuka lebih baik. Penelitian demi penelitian telah membuktikan manfaat dari berolahraga di ruang terbuka hijau. Manfaat yang bisa di dapat antara lain, mengurangi ketegangan dan depresi serta meningkatkan mood dan kepercayaan diri, selain berbagai manfaat kesehatan fisik.

Banyak pula opini dari masyarakat yang menyatakan adanya kepuasan yang lebih besar dari aktivitas di ruang terbuka, yang membuat mereka cenderung untuk lebih sering melakukannya. Manfaat besar lainnya yaitu olahraga outdoor cenderung menjadi lebih menstimulasi mental karena adanya variasi visual.

Sebuah penelitian dari 1.200 orang yang dilakukan di University of Essex menunjukkan jika olahraga di luar ruangan juga dapat meningkatkan harapan hidup. Hal ini dikarenakan sejak peradaban dimulai, manusia telah berusaha mencari air untuk bertahan hidup. Menyatu dengan alam sudah menjadi bagian dari gen kita sebagai manusia.

Jo Barton – penulis terkemuka dari penelitian tersebut dan pelopor program olahraga hijau di Essex – menuliskan, “Hasil penemuan melaporkan bahwa banyak tipe aktivitas, terlepas dari aktivitas dan durasinya (misal: berjalan kaki, bersepeda, menunggang kuda, memancing, konservasi dan sebagainya), memicu ke arah pengembangan kepercayaan diri dan suasana hati, dengan mengurangi perasaan marah, bingung, depresi dan ketegangan. Kami juga memperhitungkan  manfaat kesehatan fisik, seperti mengurangi tekanan darah dan seperti yang terlihat, seberapa terlibatnya suatu kelompok dalam memfasilitasi jaringan dan hubungan sosial.”

Olahraga Hijau

Para peneliti juga berpendapat bahwa aktivitas yang dilakukan di ruang terbuka hijau berelemen air, seperti danau, sungai atau wilayah pesisir, mempunyai efek positif yang lebih besar dibandingkan pedesaan sederhana atau habitat hutan. Juga, sementara semua durasi aktivitas yang mempunyai efek positif, Barton mengklaim bahwa perbedaan terbesar terlihat dalam lima menit pertama dari aktivitas tersebut.

Penemuan juga menunjukkan bahwa aktivitas yang intensitasnya ringan menghasilkan efek terbesar dan setiap individu yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah pihak yang paling merasakan manfaatnya.

“Hal ini memberi kesan jika peserta tetap akan menerima manfaat kesehatan instan yang besar dari  aktivitas fisik ringan dan sedikit dosis alam akan memberi kontribusi pada manfaat kesehatan mental yang instan,” tekan Barton. Ini berarti bahwa olahraga berintensitas ringan seperti berjalan kaki sebentar di luar ruangan bisa membantu kesejahteraan mental seseorang lebih dari olahraga intensif.

Generasi Selanjutnya

Penelitian penting lainnya membuktikan jika aktivitas di luar ruangan mempunya efek positif pada perkembangan kognitif dan ingatan jangka panjang, khususnya pada anakanak. Sehingga, terlibat dengan alam pada usia dini sangat penting.

Bahkan pada generasi muda, aktivitas di luar ruangan yang disertai keterlibatan dengan alam seperti lintas alam di hutan belantara, mendaki gunung dan bersepeda di pedesaan, dapat meningkatkan kecakapan bersosialisasi, menjalin hubungan dan kemampuan untuk membuat pilihan hidup yang positif.

Alam sebagai terapi 

Di antara manfaat tidak langsung dari penggalakan olahraga hijau dalam sebuah masyarakat yaitu mengurangi biaya kesehatan umum dan komunitas harmonis yang berbahagia. “Maka, olahraga di ruang terbuka hijau dan di luar ruangan yang luas, bisa menjadi obat alami yang berguna untuk mengatasi tantangan kesehatan yang dihadapi banyak negara berkembang. Di samping aspek sosial yang didambakan beberapa individu, ini juga bisa meningkatkan kenikmatan dan kepatuhan untuk membawa perubahan tingkah laku yang posiitf dalam sebuah proporsi besar dari populasi tersebut,” kata penulis sebuah penelitian, The great outdoors: how a green exercise environment can benefit all, diterbitkan dalam Extreme Physiology and Medicine. [Gladwell et al. Extreme Physiology & Medicine 2013, 2:3]

“Dalam bidang ini, tantangan bagi para peneliti tidak hanya memperkirakan apakah pengetahuan tentang manfaat kesehatan alam bisa bertindak sebagai motivator atas perubahan tingkah laku, tetapi juga memastikan bahwa peningkatan penggunaan ‘alam sebagai sebuah terapi’ ditemani oleh  sebuah pendekatan konservasi untuk memastikan kelestarian lingkungan.”

Jadi pesan untuk ‘dibawa pulang’ adalah untuk menyertakan olahraga hijau ke dalam rutinitas harian kita – bahkan jika ini hanya lima menit sehari. Memarkir kendaraan kita setengah mil jauhnya dari tujuan kita dan sisanya berjalan kaki, dan membeli atau menyewa apartemen yang dekat dengan penampungan air, harus menjadi prioritas kita.

References – http://www.greenexercise.org/