ageing eye1Merasa terganggu dengan penampilan mata Anda yang terlihat lelah dan mengantuk? Saatnya Anda mencoba prosedur bedah sederhana dan tanpa rasa sakit untuk memberi peremajaaan pada kelopak mata yang mengendur!

“Banyak orang tidak sadar kalau kelopak mata mereka mulai menurun (ptosis) sampai tanda-tandanya menjadi kentara. Pasien biasanya mengatakan pada kami kelopak mata mereka baik-baik saja sebelumnya. Kelopak mata menurun muncul bersama dengan penuaan, meskipun dalam beberapa kasus merupakan bawaan dari lahir,” kata Dr Sunny Shen, Konsultan di Departemen Okuloplastik, Singapore National Eye Centre (SNEC).

Apa yang menyebabkan kelopak mata mengendur (ptosis)?

Penuaan adalah penyebab yang paling umum pada kelopak mata yang mengendur. Saat manusia bertambah tua, otot-otot kelopak mata secara bertahap kehilangan kekuatan dan kekencangan, pada dasarnya karena keletihan dan air mata dan pada akhirnya gagal menaikkan kelopak mata atas.

Luka, kondisi syaraf (seperti stroke, tumor otak) dan kelainan otot juga dapat menyebabkan kelopak mata mengendur. Jika seseorang mengalami kelopak mata mengendur secara tiba-tiba (dalam jam dan hari), orang itu harus segera mencari bantuan medis.

Kadang-kadang, anak-anak terlahir dengan kelopak mata yang turun karena otot kelopak mata yang kurang kuat. Pemakaian lensa kontak juga rentan terhadap pegenduran kelopak mata.

Kelopak mata yang mengendur terkadang bisa berkaitan dengan mengendurnya alis mata (ptosis alis) dan bertambahnya kelebihan kulit kelopak mata (dermatokalasis). Pada beberapa kasus, jaringan penghubung kelopak mata juga melemah dan lemak orbital yang normal jatuh ke depan, menyebabkan kelopak mata atas yang berkantung. Semua kondisi tersebut dapat melibatkan baik salah satu atau kedua kelopak mata, dan menyebabkan terhalangnya penglihatan seseorang dan akhirnya merubah penampilan fisik seseorang.

Gejala-gejala Kelopak Mata Mengendur 

  • Kesulitan dalam menjaga mata Anda tetap terbuka atau kelopak mata terasa berat karena meningkatnya kelemahan pada otot-otot kelopak mata 
  • Ketegangan mata dan nyeri pada kelopak mata yang disebabkan oleh upaya menaikkan kelopak mata secara terus-menerus 
  • Ekspresi lelah dan mengantuk yang terus-menerus 
  • Berkurangnya penglihatan jika sebagian kelopak mata atas menutupi pupil 
  • Kepala miring ke belakang secara terus-menerus untuk membantu Anda melihat dari bawah kelopak mata yang terkulai

Penanganan Kelopak Mata Mengendur

Bagi mereka yang ingin memperbaiki penampilan fisiknya atau mencegah kelopak mata mengendur yang mengganggu penglihatan mereka, direkomendasikan pembedahan pada sebagian besar kasus. Ini adalah prosedur pembedahan yang singkat dan tanpa rasa sakit yang dilakukan di bawah anestesi lokal.

Apa yang akan terjadi:

Biasanya ada bekas luka minimal dari pembedahan yang tersembunyi karena sayatan dibuat pada lipatan kelopak mata, dan tidak akan terlihat saat sayatan telah sembuh/kering.

Komplikasi dari pembedahan kelopak mata jarang terjadi. Hal ini meliputi pendarahan, infeksi, nyeri pada mata dan pembengkakan yang terus-menerus, dan kesulitan memejamkan seluruh mata Anda.

Pembengkakan atau rasa nyeri akan mereda dalam dua sampai empat minggu. “Tujuan utama pembedahan adalah untuk meningkatkan penglihatan pasien, karena ptosis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda,” kata Dr Shen.

“Pembedahan juga dapat memperbaiki penampilan pasien. Kelopak mata yang mengendur dapat menyebabkan kerutan pada dahi dan membuat Anda terlihat lebih tua. Beberapa pasien menemui kami karena harus menghadiri acara pernikahan atau beberapa peristiwa penting yang lainnya. Mereka ingin terlihat bagus dalam foto,” tambah Dr Shen.

Dr Shen SunnyDr Sunny Shen
MMed(Ophth), FRCS(Ed), FAMS
Konsultan, Oculoplastic / Aesthetic
Eyeplastic Service, Singapore National
Eye Centre (SNEC)
www.snec.com.sg
atau email ke ips@snec.com.sg