Tubuh kita adalah rumah dari miliaran mikroba yang berbeda, baik yang baik maupun yang jahat, dengan hampir semua bakteri ditemukan di dalam usus. Bakteri jahat dapat menyebabkan penyakit, sedangkan bakteri baik dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan cukupnya jumlah bakteri baik, kesehatan kita dapat terjaga dengan baik.

prebiotik

Keuntungan

Seperti diulas dalam Maajalah Kesehatan healthy Times, probiotik adalah bakteri baik yang dapat kita konsumsi untuk menjaga keseimbangan mikroba di dalam usus. Para ahli di seluruh dunia telah meneliti tentang probiotik bekerja dan berperan dalam kesehatan kita. Walaupun masih banyak penelitian yang harus dilakukan, berikut adalah beberapa informasi agar kita mengerti bagaimana bakteri baik menjaga kesehatan:

  1. Kesehatan pencernaan

Probiotik memproduksi vitamin B tertentu yang membantu penyerapan nutrisi dalam aliran darah. Mereka membantu menghancurkan serat dalam usus besar sehingga memproduksi asam lemak rantai pendek yang baik untuk kesehatan kolon. Beberapa studi menyatakan bahwa probiotik sangat baik dalam mencegah konstipasi dan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan makanan melewati usus. Probiotik juga meningkatkan pencernaan laktosa dan menguragi gejala intoleransi laktosa termasuk perut kembung dan perut kram.

  1. Kesehatan usus

Probiotik mencegah bakteri jahan menempel pada dinding usus dan membelah diri. Terdapat bukti kuat bahwa probiotik mengurangi keluhan diare akibat antibiotik, mengobati ingeksi diare dan mengobati gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome), yaitu rasa nyeri, perut penuh gas, dan rasa kembung. Penggunaan probiotik sangat menjanjian dalam mengatasi ulcerative colitis dan peradangan usus. Para ahli telah meneliti penggunaannya dalam merawat penyakit Crohn’s, sejenis penyakit peradangan usus.

  1. Kesehatan imun

Konsumsi probiotik dikaitkan dengan penurunan insidensi batuk, pilek dan infeksi. Penelitian awal menyatakan bahwa probiotik dapat meningkatkan sistem imun dengan merangsang produksi antibodi dan vaksin tertentu. Sistem imun menghasilkan substansi penting untuk melawan toksin yang dihasilkan oleh bakteri jahat dan membantu tubuh melawan berbagai infeksi.

  1. Kesehatan anak

Beberapa ahli menyatakan bahwa probiotik dapat menurunkan resiko terjadi infeksi telinga, infeksi tenggorokan dan pilek pada anak. Probiotik membantu mengatasi dan mencegah eksema pada bayi dan mengurangi gejala kolik.

Para ahli saat ini meneliti efek probiotik pada kontrol gula darah, penurunan berat badan, penurunan gelisah dan proteksi terhadap kanker. Sampai saat ini, belum ada bukti kuat dan masih banyak penelitian yang harus dilakukan.

Masalah Keamanan

Probiotik umumnya aman bagi banyak orang. Orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi probiotik dalam bentuk yogurt, keju, miso dan kimchi selama bertahun-tahun lamanya. Walaupun demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi probiotik. Beberapa probiotik dapat menghambat atau berinteraksi dengan obat lain. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah konsumsi probiotik sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.

Berikut beberapa tips dalam mengkonsumsi probiotik:

  1. Pilihkan produk yang dapat dipercaya, yang mencantumkan informasi grup probiotik, spesies dan stain yang terkandung.
  2. Cari tahu kandungan mikroba dalam satu dosis. Dosis efektif probiotik adalah mengandung 10 juta mikroba hidup.
  3. Jenis probiotik berbeda memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Apabila Anda mengkonsumsi probiotik untuk mengobati kondisi tertentu, cari tahu strain apa yang dikandung dalam produk tersebut dan apakah telah terbukti efektifitiasnya dalam penelitian. Banyak penelitian yang memastikan efektifitas probiotik dari Lactibacillus dan Bifidobakterium.
  4. Simpan probiotik berdasarkan petunjuknya. Beberapa jenis sebaiknya disimpan dalam kulkas sementara yang lainnnya tidak. Probiotik adalah mikroba hidup dan sebaiknya disimpan dengan tepat agar efektif penggunaannya. Konsumsilah probiotik sebelum tanggal kadaluarsa. Efektifitasnya sangat berkurang apabila telah melewati tanggal tersebut.
  5. Probiotik tidak dapat menggantikan diet sehat. Diet seimbang adalah fondasi dari kesehatan yang baik.