Asma bukanlah penyakit asing. Di Indonesia, bisa dibilang cukup banyak penderitanya. Asma merupakan penyakit pernafasan yang terjadi karena adanya penyempitan berulang pada saluran pernafasan. Penyakit asma ini dapat ditandai dengan batuk, mengek, dan sesak napas. Penyakit asma ini biasanya termasuk penyakit yang turun-menurun. Jadi seseorang yang dilahirkan dari orang tua yang memiliki riwayat penyakit asma maka kemungkinan besar si anak juga akan memiliki penyakit asma.

Penyakit asma sendiri disebabkan karena zat allergen atau polusi, kegiatan jasmani yang berlebihan. Selain itu asma bisa muncul karena emosi yang tidak stabil. Kebisaan hidup yang kurang sehat seperti merokok juga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit asma. Berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asma, menggunakan bahan alami;

Kulit Buah Semangka

Sering kali kita memiliki anggapan bahwa kulit semangka yang kita buang tidak memiliki manfaat apa-apa. namun hal tersebut sangat keliru, karena kulit semangkan memiliki manfaat atau khasiat dapat mengobati penyakit asma. Cara mengunakan kulit buah semangka sebagai obat asma adalah dengan merebus kulit semangka yang telah kering dengan dicampur bunga kenanga. Setalah itu minum air hasil rebusan kulit semangka tadi dua kali dalam sehari. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya.

Bunga Kenanga

Buah kenanga selain memiliki bau yang harum ternyata memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit asma.Caranya adalah dengan merebus kembang kenanga dalam dair yang diberi tambahan gula pasir, setelah itu saring air rebusan tadi dan minum, Lakukuan secara rutin dua kali dalam sehari seperti halnya menggunakan kulit buah semangka tadi.

Bunga Matahari

Mungkin banyak yang belum tahu mengenai manfaat dari bunga yang satu ini. Ternyata bunga matahari memiliki khasiat dapat menyambuhkan penyakit asma. Caranya adalah dengan merebus bunga matahari bersama tangkainya, ingat dengan tangkainya. Rebus menggunakan 500cc air kemudian saring.