Melakukan diet sudah menjadi tren yang lazim dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Namun, untuk melaksanakan program ini tidaklah mudah. Banyak juga yang gagal, karena berbagai faktor. Celakanya, diet malah menimbulkan gangguan bagi kesehatan. Lalu, seperti apakan diet yang sehat itu sebenarnya?

Diet sehat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan cara mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari atau memiliki makanan yang rendah kalori. Cara tersebut bertujuan untuk menurunkan berat badan sehingga lebih ideal.

Ada berbagai jenis diet sehat mulai dari diet sayuran, diet buah, dan masih banyak lagi yang lain yang biasa dipilih oleh orang-orang kebanyakan. Namun tidak semua orang berhasil menjalankan diet tersebut karena memang mereka salah mengaplikasikannya.

Perbanyak Konsumsi Serat

Jika anda menginginkan diet sehat anda sukses, maka usahakan untuk memperbanyak asupan serat dalam tubuh. Anda bisa memilih mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung serat.

Kurangi Konsumsi Lemak Hewani

Lemak hewani sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena akan membuat berat badan anda susah untuk diturunkan. Selain itu lemak hewani juga merupakan lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan.

Perhatikan Asupan Kolesterol

Jika anda ingin menunjang program diet sehat anda dengan mengonsumsi susu atau makanan lainnya yang mengandung kolesterol, anda harus tetap waspada karena tidak baik asupan kolesterol yang tinggi. Usahakan untuk menjaga asupan kolesterol maksimal 300 gram. Lebih dari itu akan mengganggu program diet anda.

Hindari Alkohol

Jika anda sedang menjalankan program diet sehat maka jangan samapi anda mengonsumsi alkohol. Karena dengan mengonsumsi alkohol akan menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda sehingga menjadi tidak terkontrol.