pain shoulderWaspadai impingement sebagai penyebab yang paling umum.

Pernah merasakan rasa sakit ketika melakukan tugas-tugas rutin seperti mengangkat benda di atas kepala, mengendurkan punggung atau saat mengenakan T-shirt favoritmu? Jika ya, penyebabnya bisa beberapa macam. Bisa diakibatkan pembekuan bahu yang umum, tendonitis, atau bahkan arthritis dari persendian bahu. Namun, penyebab yang paling umum dari rasa sakit pada bahu orang dewasa (orang berusia di atas 30 tahun dan lebih) adalah impingement.

Tumbukan disebabkan ketika terjadi tekanan pada manset rotator oleh akromion saat lengan diangkat. Akromion merupakan ujung depan tulang belikat. Terletak di atas dan di depan kepala humerus. Ketika lengan diangkat, akromion menumbuk permukaan manset rotator, mengakibatkan rasa sakit dan membatasi pergerakan. Rasa sakit bisa disebabkan oleh “bursitis” atau peradangan kandung lendir yang melapisi tendon manset rotator, “tendonitis” atau paradangan manset tendot, atau robekan pada tendon manset rotator.

Apa Saja Gejalanya?

Nyeri bahu, yang biasanya ada di bahu depan, juga dapat merayap ke sisi bahu yang sakit. Kondisi ini menjadi lebih buruk ketika mengangkat beban. Juga mungkin ketika ada sensasi klik ketika memindahkan bahu.

Pada pria bisa menemukan kesulitan saat menanggalkan t-shirt, sedangkan wanita akan mengeluhkan kesulitan dalam mengaitkan pakaian dalam. Para pasien juga dapat mengalami nyeri akut saat tidur di malam hari sehingga bisa mempengaruhi kebiasaan tidur mereka.

Diagnosa

Para dokter normalnya menggunakan teknik pencitraan seperti USG atau MRI untuk melihat apakah ada robekan pada manset tendon. Sebagai tambahan, uji tumbukan di mana bius lokal disuntikkan pada bursa, dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosa tersebut.

Mereka yang melakukan gerakan mengangkat berulang-ulang atau aktivitas di atas kepala yang menggunakan lengan seperti permainan raket, beresiko besar terkena masalah ini.

Pengobatan dan Rehabilitasi

Sebagai permulaan, pilihan pengobatan konservatif seperti istirahat, menghindari aktivitas bahu yang banyak tekanan, pengobatan anti-peradangan oral non-steroid, atau pada beberapa kasus, direkomendasikan suntikan steroid. Jika pengobatan ini tidak berhasil dalam meredakan rasa nyeri, akan diperlukan pengobatan dengan operasi.

Metode yang paling umum digunakan yaitu arthoskopi akromioplast atau dibuatnya dua atau tiga luka tusukan kecil. Sendi diperiksa melalui jangkauan serat optik yang dihubungkan ke sebuah kamera televisi. Instrumen kecil digunakan untuk mengambil taji tulang akromial dan radang jaringan lunak. Kelebihan utama arthroskopi adalah nyeri pasca operasi yang minim karena sayatannya kecil. Kelebihan lainnya yaitu dokter bedah dapat memastikan dan merawat kondisi lain yang terjadi pada bahu saat dilakukan operasi tumbukan seperti robekan manset rotator. Setelah pengoperasian, lengan yang sakit ditempatkan pada sling (selempang) selama jangka waktu yang singkat.

Ketika sling dilepas, direkomendasikan untuk melakukan program rehabilitasi selama dua atau empat bulan, meliputi latihan fisik ringan untuk mendapatkan kembali kekuatan dan gerakan pada bahu yang telah dioperasi.

Dr Chan Beng Kuen
Dokter Bedah Spesialis Orthopedis
(Orthopaedics International)