Obesitas pada anak dapat dicegah. Ajarkan anak Anda untuk membentuk hubungan yang sehat dengan makanannya. Kebiasaan makan yang sehat dalam masa kanak-kanak memberikan landasan bagi umur panjang dan hidup yang sehat. Hubungan seseorang dengan makanan dibentuk sejak bayi dan dibawa terus seumur hidup. Anak-anak yang makan dengan sehat memiliki mood yang seimbang, pikiran yang tajam dan tingkat energi yang stabil.

Sayangnya, tekanan dari teman sebaya dan iklan media bisa menghambat segala upaya Anda untuk membuat anak Anda makan secara sehat. Dengan mengikut langkah-langkah sederhana yang dipaparkan dalam artikel ini, sebagai orang tua, Anda bisa menanamkan kebiasaan makan yang sehat dalam diri anak Anda tanpa menjadikan meja makan sebagai arena perang.

Sudah alami bagi anak-anak untuk memilih makanan yang paling mereka sukai; karena itu Anda harus membuat pilihan yang paling sehat tampak paling menarik. Sebagai orang tua, Anda adalah teladan terbesar bagi anak Anda dan karena itu Anda harus mencontohkan kebiasaan makan yang baik pada mereka.

Makan Bersama

Makan bersama setiap hari sebagai sebuah keluarga merupakan cara yang baik untuk membangun ikatan keluarga. Kebiasaan ini dikatakan pula dapat meningkatkan nafsu makan. Anak-anak yang sarapan bersama keluarga mereka biasanya lebih berprestasi di sekolah dan anak-anak yang makan bersama keluarga paling tidak sekali setiap hari, lebih jarang mengalah pada tekanan dari teman sebaya. Pada umumnya masakan rumah lebih sehat daripada masakan restoran atau hidangan cepat saji yang mengandung banyak garam, lemak dan gula. Makan di luar sebaiknya dikhususkan untuk acara-acara spesial.

Memasak juga sebaiknya dijadikan kegiatan keluarga. Anak-anak cenderung lebih senang memakan makanan yang kurang mereka sukai jika mereka terlibat dalam persiapannnya. Izinkan anak Anda membantu memilih buah-buah dan sayur-sayuran yang paling segar saat Anda berbelanja dan biarkan dia membantu saat menyiapkan makanan.

Beri Pilihan

Biarkan anak Anda memilih dari dua atau tiga pilihan makan siang yang sehat. Dengan membatasi pilihannya pada pilihan-pilihan yang sehat, Anda tahu makan siang itu sehat dan anak Anda masih bisa memutuskan apa yang dia ingin makan.

Atur Porsi

Ukuran porsi anak-anak harus dibatasi. Jangan paksa atau sogok mereka untuk menghabiskan sepiring penuh makanan, sebaliknya izinkan mereka menambah sedikit jika mereka masih lapar. Jangan pernah menggunakan makanan atau camilan manis sebagai sogokan. Banyak anak yang memilih-milih makan. Pastikan anak Anda dalam keadaan tenang dan lapar ketika Anda memutuskan untuk memperkenalkan makanan baru. Pengalaman tersebut haruslah menyenangkan; karena itu cobalah menyajikan makanan tersebut dalam bentuk-bentuk yang lucu dan didampingi dengan beberapa makanan favorit anak.