Kuku ternyata punya fungsi khusus. Ya, organ yang berada di ujung jari tersebut dapat mendeteksi beberapa penyakit tertentu, sehingga kita tidak harus memeriksa ke dokter melalui cek darah atau cek fisik lainnya. Bagaimana caranya? Simak baik-baik informasi berikut ini.

Dilihat Dari Tangan

Jika tiba-tiba tangan anda membengkak dan sedikit membiru, biasanya disebabkan karena cuaca yang panas, penggunaan antibiotik, dan pramenstruasi atau PMS. Namun jika dalam beberapa hari pembengkakan dan warna membiru pada tangan tidak kunjung berkurang maka bisa jadi itu karena adanya masalah pada organ tubuh seperti jantung, ginjal, tiroid, dan hati. Anda harus banyak-banyak minum air putih dan bila perlu anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dilihat Dari Kuku

Selain dari tangan anda juga bisa melihat dari kuku. Jika kuku anda mudah patah, terkelupas, atau retak, bisa jadi anda kekurangan vitamin B. Maka dari itu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak protein seperti makan ikan, ayam, telur, dan daging. Namun jika kulu anda berwarna putih, bisa jadi anda kekurangan zat besi. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi seperti bayam dan daging.