membersihkan bekas lukaPasca injeksi atau operasi, bekas luka adalah hal yang umum ditemui.  Bekas luka tersebut menjelajah bagian tubuh manapun, namun risiko paling tinggi munculnya bekas luka adalah di bagian dada dan tangan atas.

Apa yang dapat kita lakukan jika terjadi bekas luka?

Anda tidak perlu hidup dengan bekas luka. Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan bekas luka. Mulai dari hal yang paling mudah, Anda dapat mengoleskan beberapa gel silikon di bekas luka. Efeknya adalah mengurangi ketebalan bekas luka dengan menghalangi oksigenisasi dari jaringan bekas luka. Hal ini memang terdengar aneh tetapi dalam kasus umum berhasil walaupun dalam model yang terbatas.

Pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah injeksi.

Injeksi steroid atau 5-FU atau campuran keduanya.  Bekerja dengan membuat jaringan bekas luka menjadi kurang aktif atau bahkan berhenti berkembang. Bekas luka timbul saat jaringan memerlukan penyembuhan lebih cepat. Jaringan ini tumbuh terlalu banyak dan kemudian menumpuk sehingga mempertebal bekas luka.  Pengobatan diinjeksikan untuk memperlambat atau menghentikan jaringan luka. Biasanya hal ini aman tetapi dapat menyebabkan erosi kulit. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan depresi di jaringan sekelilingnya saat beberapa pengobatan menyebar ke jaringan sekitar yang sehat. Erosi kulit biasanya sembuh dengan baik dalam beberapa minggu. Depresi di sekeliling bekas luka terkadang sembuh secara spontan.

Pilihan lain adalah laser, seperti Pulsed Dye Laser. Mesin-mesin ini bekerja karena energi laser menyasar pembuluh darah. Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa bekas luka sering terlihat merah? Terkadang, Anda bahkan dapat melihat pembuluh mungil di permukaan bekas luka. Ini biasanya bekas luka baru. Jawabannya sangat intuitif. Ingat bahwa jaringan bekas luka adalah dalam percepatan dan mereka harus diberi makan untuk mempertahankan aktivitas mereka. Untuk mencapainya, mereka melepaskan faktor yang mestimulasi pertumbuhan pembuluh darah sehingga mereka dapat diberi makan dengan baik. Ketika kita menggunakan laser di bekas luka, ditujukan pada pembuluh darah dan mulai menyusut dan mati. Dengan persediaan darah untuk jaringan aktif yang dikurang / dipotong, mereka tidak dapat memperoleh nutrisi yang cukup dan tidak mempunyai pilihan selain menyusut. Bagi bekas luka yang berwarna putih, itu adalah bekas luka lama; laser hanya sedikit membantu.

Opsi terakhir adalah pembedahan

Pada beberapa kasus, bekas luka dapat dihilangkan semua dan dijahit ulang dalam model yang halus dan hati-hati dengan harapan bahwa kesembuhan saat ini akan lebih efektif. Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya bekas luka, teknik pengoperasian yang buruk atau masalah pasca operasi seperti infeksi yang dapat memicu timbulnya bekas luka tersebut. Dalam beberapa kasus, operasi perbaikan menjadi pilihan yang baik tetapi tidak ada jaminan bahwa saat penyembuhan, bekas luka tidak akan timbul kembali. Pilihan lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah injeksi botulinum toxin – injeksi botox. Membantu saat penyembuhan bekas luka baru. Injeksi botox mengurangi dorongan luka dari jaringan disekelilingnya sehingga memperkecil luka meluas dan menimbulkan bekas luka.

Secara keseluruhan, pengobatan bekas luka biasanya efektif dengan menggunakan pilihan kombinasi. Kami biasanya dapat mengurangi ketebalan bekas luka sama halnya warna bekas luka. Bekas luka muda lebih mudah diobati dibandingkan bekas luka lama. Jadi pesannya adalah, jangan hidup dengan bekas luka, mereka dapat diobati.

 

Dr Donald Ng
MBBS (Singapura), Diploma of Dermatology (University of Cardiff, Wales, UK)
Dr Donald Ng mempunyai minat besar dalam pembedahan kosmetik. Dengan kerja kerasnya, beliau telah menempuh pelatihan formal dan pengujian dewan dalam pembedahan kosmetik. Sebagai tambahan,  beliau telah melakukan perjalanan di seluruh Asia dan berlatih dengan yang terbaik dalam bidangnya. Beliau juga telah menjalani pelatihan dalam operasi sedot lemak di Belgia, Italia dan Kanada. Dr Ng tidak bekerja dalam karya rekonstruktif, hanya karya kosmetik.