Ketika menyiapkan makanan bagi orang yang Anda sayangi yang sedang membatasai pola makan, entah karena alergi atau menyandang penyakit tertentu, ada banyak bahan makanan yang dapat dijadikan pilihan. Bagi penderita alergi, berikut adalah beberapa tip untuk mengatasi alergi makanan:

  • Cari tahu alergi setiap orang atau pola makan yang diperlukan sebelum pesta atau pertemuan apapun untuk menghindari kejutan.
  • Beri label hidangan penyebab alergi yang terkandung dengan jelas saat menghadiri atau mengadakan pesta makan malam prasmanan.
  • Saat menyajikan makanan yang bebas alergi, gunakan peralatan yang terpisah untuk menghindari kontaminasi.
  • Bumbu-bumbu tidak otomatis aman digunakan karena umumnya mengandung gluten dan/atau penyebab alergi lainnya.

Berikut adalah beberapa tip yang berguna untuk pengelola katering yang akan membuat makanan bagi penyandang penyakit tertentu:

Diabetes. Saat memasak untuk penderita diabetes, jangan terlalu jauh menyimpang dari pola makan umum mereka. Jaga kadar gula, minyak dan karbo yang rendah dan jika Anda tidak yakin, cari tahu lebih banyak dari penderita diabetes tentang asupan makanan sehari-hari mereka sehingga Anda dapat merencanakan menu yang lebih baik.

Alergi Kacang. Ketika menyiapkan hidangan dengan kacang-kacangan, pastikan bahwa hidangan diberi label dengan jelas sehingga mereka dapat menghindarinya dan cuci peralatan memasak Anda yang mengandung bekas kacang secara menyeluruh sebelum membuat hidangan lain. Selalu periksa tamu-tamu Anda apakah mereka mempunyai alergi kacang sebelum memutuskan menu.

Tidak toleran terhadap Laktosa. Tidak toleran terhadap laktosa adalah kondisi yang sangat umum. Ekstra hati-hatilah ketika menggunakan susu dalam makanan Anda. Sebagai ganti menggunakan susu segar biasa, Anda dapat menggantinya dengan almond, kelapa atau susu kedelai khususnya untuk kari dan hidangan penutup.

Celliac (Alergi Gluten). Celiac atau mereka yang alergi terhadap gluten tidak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum, jelly atau gandum hitam, bermacam-macam roti dan pasta dan makanan olahan umumnya. Dengan sedikit mengubah resep, Anda dapat memenuhi kebutuhan celiac. Gantikan susu kedelai dengan susu biasa karena banyak celiac yang juga tidak toleran terhadap laktosa. Anda dapat mengikutsertakan daging dan sayuran seperti kentang, nasi dan jagung dalam menu. Saat membuat saus kental, sebagai pengganti tepung terigu, gunakan tepung kentang yang tidak mengandung gluten. Periksa bumbu-bumbu dan campuran saus untuk melihat apakah mereka mengandung gluten atau tepung makanan, yang megandung gandum atau kedelai.

Vegetarian dan Vegan. Baik vegetarian atau vegan, Anda tidak tidak harus membatasi diri Anda dengan hanya membuat salad bagi mereka. Aturan yang paling jelas dan umum bagi vegetarian dan vegan adalah ‘Tanpa Daging” tetapi mereka mengkonsumsi gandum, buah-buahan dan kacang. Akan tetapi, kebanyakan vegetarian memakan telur dan susu jika dibandingkan dengan vegan, bagi hidangan yang memerlukan mentega dan minyak, ada mentega vegan yang dibuat dari buah zaitun dan/atau minyak zaitun dan minyak kelapa untuk menggantikan produk susu. Ada banyak resep-resep aman bagi vegan online dan dalam buku memasak yang mudah dibuat dan sangat lezat, jadi jangan takut bereksperimen.