Leher (atau cervical spine) memiliki peran penting dalam menyokong kepala dan menggerakkan kepala dan leher; sehingga tulang belakang harus dilindungi dari trauma eksternal

Nyeri Leher

Leher terdiri atas 7 tulang (vertebra) dengan bantalan lunak (diskus) di antaranya. Setiap kali kita menggerakkan leher, vertebra dan diskus akan bergerak bersamaan untuk menghasilkan sebuah gerakan. Otot pada punggung bagian atas dan bahu menyatu dengan tulang leher ini.

Terdapat berbagai penyebab nyeri leher,  dan apabila dibutuhkan terdapat beberapa pilihan perawatan yang dapat dipertimbangkan.

Leher terdiri atas berbagai struktur yang kompleks. Nyeri leher dapat disebabkan karena:

Proses Degenerasi (atau spondylosis)

Kondisi ini dikaitkan dengan kerusakan pada diskus intervertebral yang berfungsi sebagai bantalan antar tulang leher. Pada saat diskus terkikis, diskus tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyokong leher. Tubuh mencoba memperbaiki kondisi ini dengan membentuk tulang tambahan yang berfungsi sebagai penyokong. Tulang tambahan ini dikenal dengan bone spurs (osteophytes). Bone spurs ini menyebabkan kompresi pada saraf dan tulang belakang sehingga terjadi gejala kesulitan berjalan atau kehilangan kontrol buang air besar.

Prolaps Diskus

Pada saat diskus terkikis, diskus mengalami protrusi ke arah depan dan menyebabkan rasa nyeri yang tajam pada lengan. Kondisi ini disebut sebagai prolaps diskus akut. Gejala yang dirasakan  adalah kesemutan pada lengan dan tangan, atau pada kasus lanjut dapa terjadi kelemahan pada lengan dan jari.

Inflamasi

Kondisi ini dikaitkan dengan kondisi seperti artritis reumatoid. Kondisi peradangan ini mempengaruhi jari dan sendi besar lainnya seperti sendi lutut. Pada leher, kondisi ini mempengaruhi tulang leher bagian atas dan menyebabkan rasa nyeri  dan kehilangan stabilitas.

Penyebab Postural

Ini adalah penyebab umum nyeri leher. Postur menekuk leher dalam waktu lama seperti pada saat tidur di sofa dengan posisi yang tidak natural atau bekerja lama di depan komputer (terutama laptop) dengan posisi leher ditekuk ke depan.

Injuri Traumatik

Penyebab ini dapat menyebabkan cedera ringan sampai cedera parah, seperti pada kecelakan mobil.

Penyebab Lainnya

Nyeri leher juga dapat disebabkan oleh infeksi, tumor dan abnormalitas bawaan.