The sad girlPenelitian menyebut bahwa satu sampai dengan enam pasangan pengalami ketidaksuburan/infertilitas. Infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil meskipun melakukan seks rutin, yang tidak dilindungi selama paling tidak setahun, atau selama paling tidak enam bulan jika wanita berusia 35 atau lebih tua. Dr Suresh Nair, ahli Obstreti & Ginekologi berbicara pada Healthy Times tentang bagaimana mengatasi infertilitas dan terapinya.

Karir Anda menanti selama 50 tahun yang akan datang. Tetapi kesuburan adalah sesuatu yang mungkin tidak Anda punya dalam 5 tahun atau 5 bulan berikutnya!

01 Apa kondisi infertilitas yang paling umum?
Ada dua segmen untuk dibahas. Pertama – berkaitan dengan masalah pria dan sperma, dan kedua berkaitan dengan wanita. Pada wanita, kita mempunyai beberapa kategori, Salah satunya berkaitan dengan produksi sel telur, yang kita sebut gangguan ovulasi. Beberapa wanita mempunyai sel telur yang terlalu sedikit, karena cedera dan penyakit yang tidak mereka sadari. Kemudian, ada wanita dengan masalah hormon – yang paling umum yaitu ovarium polikistik. Wanita dengan ovarium polikistik tidak mempunyai periode (menstruasi) yang rutin. Alasan lainnya yaitu, beberapa wanita mempunyai kelenjar pituitari (kelenjar di dasar otak) yang tidak berfungsi sepenuhnya. Karena hal ini, sistem mereka padam, dan berakhir dengan tidak mempunyai periode sama sekali.

Kategori berikutnya yaitu pada tabung falopi. Tabung falopi menghubungkan uterus ke ovarium, sehingga ada pertemuan antara sperma dan sel telur. Tabung-tabung ini dapat terhalangi atau terganggu. Terkadang, tabung terbuka tetapi tidak terdefiasi, sehingga embrio tidak dapat melaluinya. Semua hal ini dapat terjadi karena infeksi pelvis, penyakit menular seksual (STD), dan endometriosis, yang dapat mempengaruhi semua, dari uterus ke tabung dan daerah sekitarnya. Juga ada alasan langka lainnya, yaitu malfomasi uterus; luka dalam uterus.

Ketika usia wanita mencapai di atas 35, Anda harus menjadi sangat proaktif karena bahkan fertilisasi in-vitro (IVF) tidak berhasil karena jumlah sel telur yang rendah dan menolak kualitas sel telur.

03 Apakah pola makan dan gaya hidup memegang peranan?
Tentu saja, pola makan berperan. Jika Anda mengikuti pola makan yang sangat tidak bernutrisi dan makan makanan yang sangat tinggi kalorinya, akan memicu obesitas. Obesitas adalah salah satu masalah terbesar yang kita punya setelah merokok, STD dan penuaan.

Satu faktor yang akan menurunkan fertilias seluruh negara jika Anda menua. Anda mungkin sangat amat sehat tetapi itu tidak berarti jika Anda berusia lebih tua, katakan sekitar 39 tahun, Anda tidak akan mempunyai masalah kesuburan. Di waktu yang sama, Anda dapat menjadi sangat subur, tetapi jika Anda tidak makan dengan baik dan sangat kurus atau gemuk, akan mempengaruhi kesuburan baik bagi pria dan wanita. Merokok sangatlah buruk karena mempengaruhi jumlah sperma dan juga mengurangi jumlah sel telur. Ada banyak laporan yang mengatakan kafein tidak baik, tetapi secangkir kopi untuk memulai hari Anda tidak apa-apa. Secukupnya adalah kuncinya.

04 Bagaimana kita dapat menyiapkan diri kita sendiri untuk kesuburan?
Berpegang pada pola makan yang bergizi dan sehat. Hindari tingkah laku yang buruk, tidur dengan baik, jangan terlalu menekan diri Anda sendiri. Sebagai permulaan, berkonsultasilah pada dokter keluarga, dokter umum atau ginekologi. Lakukan pemeriksaan pra-kehamilan dan tes. Jika ditemukan ada ketidaknormalan genetika, mereka harus ditangani segera. Periksa untuk melihat apakah Anda meminum suplemen folat dengan rutin. Olahraga ekstrim juga tidak disaranan. Tetaplah bersikap secukupnya. Lakukan vaksinasi yang perlu, lakukan dan cobalah mempunyai bayi lebih cepat dibandingkan terlambat.

05 Pilihan apa saja yang dapat dipertimbangkan pasangan  sebelum menjalani IVF?
Pada fase awal ketika wanita masihmuda, dan dikatakan ia tidak berovulasi, ia dapat meminum tablet atau melakukan prosedur yang disebut inseminasi intrauterine (IUI). IUI adalah perawatan fertilitas yang menggunakan kateter untuk meletakkan konsentrat sperma dan “murni” langsung ke dalam uterus. Terkadang, jika ada fibroid atau kista yang mengganggu tabung dan menghalangi rahim, atau tabung terhalang dan harus diperbaiki, dokter mungkin harus melakukan apa yang diketahui sebagai
operasi laparoskopik atau histereskopik untuk memperbaiki masalah. Sehingga pasien harus mendapatkan evaluasi. Kebanyakan perawatan permulaan berkisar sekitar mendapatkan sel telur dan sperma di waktu yang tepat pada tempat yang benar supaya terjadi pembuahan alami. Jika tidak berhasil paling tidak dalam tiga siklus, pilihan terbaik berikutnya adalah IVF.

06 IVF dapat menjadi terlalu berlebihan pada beberapa orang. Bagaimana seseorang mengatasi rintangan emosionalnya?
Mulailah dengan konseling yang sesuai dan persiapan yang disebutkan sebelumnya. Pasien harus tahu pasti apa yang akan mereka lalui, sedangkan dokter tidak melebeh-lebihkan harapan mereka, dan menjelaskan apa yang tidak mereka miliki untuk melengkapi seluruh siklus IVF, dan untuk itu dilakukan dalam beberapa tahap.

Terkadang, kami harus melakukan baik  suntikan dan pengambilan darah. Kami mencoba dan membuat mereka nyaman pada suatu waktu yang sesuai bagi pasien, sebagai contoh sebelum bekerja. Mereka tidak perlu menemui dokter terlalu sering. Kami menjaga pemeriksaan seminim mungkin. Saat ini lebih mudah untuk melakukan IVF dibandingkan sepuluh tahun yang lalu. Sekarang juga lebih ramah pasien dengan suntikan yang sangat sedikit sehingga wanita tidak memerlukan banyak waktu meninggalkan pekerjaan mereka.

07 Apa saja cara alami untuk meningatkan kesuburan?
Tidak ada posisi khusus untuk dapat hamil dengan cepat. Tetap menjaga diri Anda sehat; menghindari semua kebiasaan buruk adalah hal yang bagus, dan mulailah mencoba hamil lebih awal. Saat saya ditanya tentang kapan waktu yang tepat untuk hamil, saya mengatakan, sekarang juga. Sekarang saat Anda berbicara, Anda berencana untuk mempunyai anak, karena tidak ada waktu lain selain sekarang. Anda melihat pasangan yang menikah, saat laki-lakinya berusia 34 dan perempuannya 28; orang tuanya menasihati mereka untuk membeli rumah, dan hamil kelak. Ini tentu saja saran yang salah. Hamillah dulu dan punya anak.