Rempah-rempah merupakan sekumpulan tanaman yang biasa digunakan oleh orang-orang untuk membuat cita rasa makanan menjadi lebih nikmat dan lezat. Tapi tahukah anda bahwa selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa makanan, rempah-rempah juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan? Ya, ternyata ada beberapa jenis tanaman rempah-rempah yang sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Rempah

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang terkenal di seluruh dunia. Keberadaannya digunakan untuk menambah cita rasa makanan sekaligus sebagai penyedap makanan. Ternyata bawang putih memilki khasiat dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu jika dikonsumsi secara rutin bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Cengkeh

Cengkeh merupakan jenis rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia. Cengkeh selain digunakan untuk penyedap rasa ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Karena cengkeh terkenal dengan antiseptiknya yang mampu membunuh kuman-kuman yang ada di mulut. Tak heran banyak orang yang menggunakan cengkeh sebagai bahan untuk membuat obat kumur.

Cabai Bubuk

Cabai bubuk termasuk ke dalam rempah-rempah yang diguanakan sebagai penambah rasa pedas. Keberadaan cabai bubuk sendiri tidak hanya di Indonesia saja melainkan sudah populer di dunia. Cabai bubuk selain digunakan untuk menambah rasa pedas makanan ternyata memiliki khasiat dapat meredakan rasa nyeri sendi. Selain itu cabai bubuk juga mampu mengurangi bengkak dan nyeri rematik karena zat anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya.

Jahe

Jahe termasuk ke dalam rempah-rempah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jahe biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit masuk angin, perut kembung, dan meredakan rasa mual. Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe dapat membuat perut kita menjadi hangat.