Saat ini adalah era di mana waktu adalah uang. Semua sibuk dengan karir yang sangat menguras waktu dalam sehari sehingga olahraga menjadi satu hal yang terlupakan. Dapat dihitung dengan jari, orang sibuk yang sengaja meluangkan waktu untuk berolahraga. Di sisi lain, mereka menyadari bahwa olahraga sangat penting untuk memelihara kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Lantas bagaimana solusinya? Olahraga tidak harus membebani pelakunya. Olahraga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan tanpa harus kehilangan manfaatnya. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa jenis olahraga yang santai dan menyenangkan sudah dikembangkan. Sebut saja Zumba, CrossFit atau Pilates yang bisa dimasukkan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari.

Karena ringan dan tidak harus membutuhkan latihan khusus, peminat olahraga yang menghibur ini mulai banyak diminati. Zumba adalah olahraga sangat baik untuk melatih kekuatan jantung dan akan efektif jika dilakukan setiap hari. Seperti halanya olahraga kardio lain, Zumba cukup dilakukan sehari 2-3 kali dalam seminggu untuk membakar sedikitnya 500 –  900 kalori dalam satu jam. Manfaat Zumba sama saja dengan olahraga yang lebih popular seperti aerobik, bersepada atau lari.

Lain lagi dengan pilates. Manfaat pilates hampir tidak ada batasnya, mulai dari meningkatkan kebugaran, meningkatkan kepercayaan diri, hingga menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Mengapa pilates begitu efektif? Ternyata rahasianya ada pada metode pilates itu sendiri di mana pada olahraga ini tidak hanya fokus pada latihan otot besar dalam tubuh tetapi juga menjangkau otot-otot perifer di seluruh tubuh. Bisa dikatakan bahwa pilates adalah olahraga yang lebih holistik karena memiliki semua aspek olahraga mulai dari kebugaran, kekuatan, kelenturan, stamina, keseimbangan, dan ketahanan.

Satu lagi jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan adalah CrossFit. Olahraga ini melatih otot dan kebugaran tubuh sekaligus. Kebanyakan pelaku memilih CrossFit karena menginginkan peningkatan stamina dan kekuatan tubuh, yang dapat dilakukan dengan satu jenis olahraga saja.

Masih malas berolahraga? Dijamin begitu Anda mencoba tiga jenis olahraga tersebut, Anda akan suka dan mulai mencintai olahraga. Siapa tidak ingin sehat sekaligus memiliki tubuh ideal?