Untuk mencapai tubuh yang sehat, berolah raga merupakan syarat mutlak. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari olahraga, utamanya jika dilakukan secara rutin. Ada beberapa manfaat besar yang dapat diperoleh dari olahraga rutin diantaranya adalah menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah, mengontrol berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, hingga mencegah stress.

Aerobik

Namun, ternyata tidak semua olahraga cocok bagi penderita diabetes, dikarenakan penderita tidak boleh melakukan aktivitas olahraga terlalu berat. Salah satu olahraga yang cocok adalah aerobik. Aerobik dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menghilangkan stress. Selain itu, aerobik juga dapat menjaga kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah agar tetap normal.

Selain aerobik, ada beberapa olahraga lain yang cocok bagi penderita diabetes seperti angkat beban (weight lifting) dan peregangan (stretching). Angkat beban dapat membantu memperkuat tulang dan otok serta membakar lemak. Angkat beban sangat cocok dilakukan sebagai pelengkap dari aerobik. Angkat beban bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa sesuaikan beban dengan kemampuan anda.

Selanjutnya peregangan atau stretching juga sangat cocok dilakukan bagi penderita dibetes untuk mengawali dan mengakhiri olahraga lain. Lakukan 5 sampai 10 menit agar otot anda tidak kaku. Olahraga serupa seperti yoga dan taichi juga bagus buat anda yang menderita diabetes karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan stress.

Jika anda malas berolahraga, ada beberapa aktivitas yang dapat anda manfaatkan seperti memilih naik tangga dibanding naik lift atau escalator, perbanyak jalan kaki, dan bersepeda. Hal tersebut dapat anda lakukan sebagai pengganti olahraga.