shutterstock_20371828-modLelah melakukan sesi latihan fisik yang sama di lingkungan yang sama juga? Anda tidaklah sendirian! Kesadaran akan kesehatan dan keinginan mendapatkan penampilan fisik yang lebih baik menyebabkan semakin pesat perkembangan pusat kebugaran di perkotaan.Tetapi pada suatu titik tertentu, latihan-latihan fisik biasa seperti berlari di atas mesin treadmill, angkat beban dan melakukan pushup akan terasa membosankan. Kondisi ini nantinya akan membuat orang menjadi kehilangan minat dan akhirnya memutuskan untuk berhenti berlatih. Adapun solusinya ialah dengan menyuntikkan beberapa ide eksploratif yang menyenangkan ke dalam rezim kebugaran Anda. Di bawah ini ada beberapa jenis latihan fisik yang akan populer di tahun 2014 dan mungkin bisa menginspirasi Anda dalam mendapatkan tubuh bugar.

Pelatih Virtual 

Masih ingat dengan latihan-latihan fisik yang disediakan melalui bentuk DVD? Hal ini kini bisa dibilang kuno dan telah tergantikan oleh latihan-latihan fisik yang disediakan serta ditayangkan secara online. Internet memang telah memberikan sebuah arti baru akan konsep “latihan hijau”. Dengan koneksi internet cepat yang saat ini telah menjadi suatu hal yang umum, Anda dapat langsung membawa laptop keluar ruangan dan mulai berolahraga ditemani “pelatih virtual.” Bayangkan, Anda dapat melakukan sesi yoga yang dipandu oleh instruktur virtual Anda di puncak sebuah bukit kecil selagi menyaksikan matahari terbit.

Latihan Di Dalam Air

Berenang selama ini telah dianggap sebagai sebuah latihan fisik terbaik. Sebagai variasinya, Anda bisa melakukan aktivitas lari atau bahkan bersepeda di dalam air. Di sini Anda akan merasakan sebuah latihan yang sangat efektif dengan resistensi alami dan tekanan yang lebih sedikit pada sendi.

Underwater Yoga

Varian lain selain yang telah disebutkan di atas adalah yoga di dalam air. Latihan ini dengan cepat menggantikan hot yoga (yoga panas) sebagai turunan rezim kebugaran India kuno paling populer. Beberapa menganggap bahwa pembakar kalori instan ini adalah cara terbaik untuk tetap fit karena cara ini menggabungkan manfaat berenang dan yoga menjadi satu. Terlepas dari berbagai postur yoga yang ada, Anda juga dapat melakukan pemanasan dan meditasi di dalam air.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang unik dari rezim kebugaran fisik di dalam air ini. Beberapa manfaat tersebut meliputi detoksifikasi lemak berlebih, tekanan hidrostatik yang dapat membantu fungsi jantung dan ginjal serta mengencangkan kulit, asupan oksigen yang meningkat serta bernafas dengan 99.99% udara segar dan alami.

Sesi Latihan Fisik yang Terinsipirasi Tarian

Tari tiang atau pool dance telah menjadi suatu jenis latihan tersendiri yang laris dalam beberapa tahun terakhir ini. Di tahun 2014, latihan-latihan lain berbasis tarian seperti Zumba dan Bokwa yang menggabungkan latihan peregangan dan pembentukan tubuh secara total, juga diharapkan untuk menjadi lebih populer. Pilihan lainnya yaitu balet barre, salsa, mamba, tari ballroom (berdansa), tari perut, jazzercise (tari jazz), hip hop, dan hula.

Rezim Crossfit

Dengan latihan fisik yang memiliki intensitas tinggi seperti push-up, lompat plyometric, dan angkat beban Olympic yang menggunakan karung pasir dan kettle-bell, rezim Crossfit sepertinya memang diperuntukkan bagi para penggila kebugaran tubuh. Rezim ini menggabungkan manfaat dari angkat beban, pengkondisian tubuh dan latihan fisik yang menggunakan berat badan sebagai bebannya.

Latihan-latihan Crossfit (WODs), dalam rentang 15-20 menit, dapat membakar kalori lebih banyak daripada satu jam latihan fisik biasa.

Latihan Boot Camp

Boot camp merupakan suatu “latihan fisik” menyerupai latihan perekrutan militer sehingga latihannya pun sangat intens. Interval kardio yang bebas peralatan dan singkat tapi intens, gerakan kuat seluruh bagian tubuh, dan sebuah penutup tambahan berupa sit-up perut, sangat ideal untuk mengencangkan perut.

Keuntungan terbesarnya yaitu bahwa latihan-latihan fisik ini terukur, terjangkau, dapat dilakukan di mana saja, edukatif dan eragam.

Latihan fisik mana yang menjadi favorit Anda? Pastikan untuk melakukannya secara rutin untuk mendapatkan bentuk tubuh sempurna, dan tentunya menjaga kesehatan.