Sejak dahulu Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi buruan penjajah di masa lampau adalah rempah-rempah. Hasil alam yang dapat ditemui di sekitar kita dengan mudah ini memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan. Kekayaan rempah selain untuk menambahkan rasa pada setiap masakan atau minuman, juga memiliki kegunaan lain, yaitu untuk kecantikan dan kesehatan kulit tubuh.

Rempah-rempah juga sudah dimanfaatkan untuk perawatan tubuh sejak nenek moyang, dan kini berwujud dalam perawatan Spa modern. Spa yang sudah terbiasa melakukan perawatan spa, cobalah tinggalkan sejenak perawatan tubuh yang mengandung bahan kimia dan mencoba spa rempah tradisional Indonesia.

Spa rempah akan meninggalkan sensasi  perawatan herbal dari alam berupa rasa hangat dan kulit halus dan terlihat lebih bersih, sehat, segar dan memesona. Spa rempah tradisional ini terdiri dari rangkaian perawatan ujung rambut sampai ujung kaki menggunakan perpaduan rempah yang beraroma eksotik.

Perpaduan rempah-rempah dalam satu rangkaian prosesi spa ini selain dapat menjadikan tubuh dan pikiran rileks, juga memiliki manfaat kesehatan di antaranya melancarkan peredaran darah, pendingin dan penghalus kulit, dan anti radang. Jika rutin dilakukan, kulit akan menjadi lebih segar, cerah dan bercahaya.

Spa rempah tradisional tidak jauh berbeda dengan spa modern lainnya, hanya saja, bahan yang digunakan lebih alami, basanya dari akar-akaran, daun-daunan, bunga, dan umbi-umbian. Urutan perawatannya pun hampir sama.

Pijat

Tahap pertama adalah pijat atau massage. Biasanya, terapis menggunakan minyak rempah yang beraroma hangat dan lembut untuk kulit. Pijatan akan membuat kita menjadi rileks.

Lulur

Setelah itu dioleskan lulur ke seluruh tubuh, dengan berbagai pilihan. Biasanya lulur kuning yang mengandung kunyit dan lulur putih, atau lulur dengan tekstur kasar, sebagai pengganti scrub pada spa umumnyaa. Fungsinya merontokan kotoran dan sel kulit mati.

Ratus

Ratus dalam spa modern adalah steam atau mandi uap. Pada spa tradisional uap berasal dari air rendaman rempah dan bunga. Wanginya sangat khas dan membuat rileks. Ratus bermanfaat membuat tubuh harum dan segar. Ratus juga berfungsi membuka pori-pori kulit sehingga  nutrisi dari bahan rempah dapat diserap kulit.

Masker

Proses masker hampir sama dengan lulur, tetapi dengan adonan lebih halus. Umumnya bahan pembuat masker dari rempah yang beraroma harum. masker ini lebih halus.

Mandi air hangat

Mandi adalah proses terakhir spa tradisional. Berendam dengan air hangat sangat menyegarkan dan membuat kulit menjadi bersih dan rileks.

Minuman tradisional

Prosesi perawatan tubuh akan diakhiri dengan menikmati sajian wedhang rempah, untuk menambah mood dan suasana menjadi lebih hangat dan bersemangat.