fresh herbs copyTidaklah tanpa alasan yang baik bahwa orangtua selalu mendesakan aturan “Makan sayurmu!” di meja makan. Hal ini karena sayur mayur dilengkapi dengan serat bersama vitamin, mineral, dan substansi dasar tumbuhan yang dapat membantu menjauhkan penyakit jantung, diabetes, dan bahkan juga kanker. Sayuran berdaun hijau adalah sumber nutrisi yang bagus, termasuk:

  • Zat besi. Memainkan peran penting dalam menngangkut oksigen dan pertumbuhan sel
  • Kalsium. Mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, dan dibutuhkan untuk mobilitas otot
  • Vitamin a. Penting untuk penglihatan yang sehat serta mengatur sistem kekebalan tubuh
  • Vitamin K. Membantu penggumpalan darah secara normal, dan membantu melindungi tulang dari keretakan
  • Fibre. Membantu membersihkan sistem pencernaan
  • Potasium. : Diperlukan untuk memfungsikan jantung, ginjal, otot dan saraf dengan tepat
  • Folat. Penting bagi wanita hamil untuk meningkatkan pertumbuhan otak bayi yang sehat

Kale

Kale adalah sumber vitamin A, C, and K yang sempurna, memunyai sejumlah kalsium yang baik, dan juga menyediakan folat dan potasium.

Kangkung

Sayuran daun-daunan yang populer dan dapat ditemukan di sebagian besar hidangan Asia Tenggara. Kangkung adalah sumber asam amino, kalsium, zat besi, vitamin B dan C. Kangkung juga sumber karoten, yang pada gilirannya, dapat dikonversi menjadi Vitamin A oleh tubuh.

Bayam

Sayuran kesukaan Popeye ini mempunyai 20 kalori per sajian, dan dilengkapi dengan vitamin A dan C, serta folat. Ketika panas mengurangi kandungan oksalat bayam dan melepaskan kalsium makanan. Bayam matang ebih bergizi dibandingkan mentah.

Brokoli

Dengan 25 kalori per sajian, brokoli kaya vitamin C dan juga sumber vitamin A, potasium dan folat. Bagi mereka yang berdiet, brokoli dapat menjadi tambahan yang sempurna. Crusifera hijau ini kaya fiber yang mencegah masalah pencernaan dan konstipasi, pembatasan makan yang berlebihan dan mempertahankan kadar gula darah lebih rendah dan lebih sehat.

Selada Romaine, Berdaun Merah, dan Hijau

Sayuran yang umum dalam mangkuk salad, tinggi vitamin A dan folat. Daun selada mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan romaine, sayuran hijau renyah yang lebih bernutrisi. Dikatakan bahwa semakin gelap warna daun selada, nutrisinya lebih banyak, membuat selada berdaun merah sedikit lebih sehat dibandingkan yang hijau.

Bok Choy

Bahan pokok dalam hidangan Asia, bok choy terkadang disamakan dengan kubis putih. Bok choy adalah sumber vitamin A, C dan K, yang merupakan antioksidan penting yang digunakan tubuh  untuk membantu memerangi virus dan demam. Folat, vitamin B6 dan sejumlah vitamin B lain dapat ditemukan dalam bok choy. Satu sajian bok choy menyediakan mineral yang Anda butuhkan untuk tetap kuat dan sehat, yakni kalsium potasium dan mangan.

Kubis

Sayuran crusifera berwarna terang ini adalah sumber senyawa pelawan kanker dan vitamin C. Tersedia dalam varietas merah dan hijau, kubis dapat dimasak, ditambahkan mentah-mentah pada salad atau ditumis, atau  diiris menjadi salad.

Seledri

Seledri berasal dari keluarga yang sama dengan parsley dan fennel. Daun seledri mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, sedangkan rebusannya adalah sumber vitamin B1, B2, B6 dan C yang sempurna dengan kandungan potasium, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium dan berbagai asam amino esensial. Gizi dalam fiber dilepaskan ketika diperas, membantu mempermudah gerakan usus besar. Seledri seringkali dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah.