Penyakit amat beragam macamnya. Mulai yang berkadar ringan, sedang, hingga yang berat. Penyebabnya pun bisa beragam, mulai dari faktor internal individu seperti faktor genetik dan pola hidup kurang sehat hingga faktor yang berasal dari luar diri individu seperti virus.

Apakah virus itu? Virus merupakan organisme yang sangat kecil yang dapat menginfeksi dan menyebabkan gangguan pada makhluk hidup lain, bisa dibilang parasit yang menggerogoti inangnya. Lalu, penyakit berbahaya apakah yang dapat disebabkan oleh virus? Simak infonya berikut ini;

Rabies

Rabies merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya yang disebabkan oleh virus rabies. Virus rabies sendiri bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan hewan seperti kucing, anjing, dan kera yang sudah terinfeksi terlebih dahulu. Virus rabies ini menyerang sistem syaraf manusia dan menyebabkan gangguan syaraf.

Aids

Aids ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh HIV atau Human Immuno-deficiency Virus. Merupakan virus yang berbahaya karena dapat melumpuhkan sistem kekebalan tubuh manusia. Dan hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin yang mampu menangkalnya secara maksimal. Aids dapat menginfeksi orang melalui cairan baik itu lewat hubungan seksual maupun lewat jarum suntik.

Kanker

Mungkin banyak yang masih belum tahu bahwa kanker bisa disebabkan oleh yang namanya virus onkogen. Virus ini dapat menyebabkan sel dalam tubuh melakukan pembelahan yang tak terkendali sehingga membuat para penderita kanker memiliki benjolan yang semakin lama semakin membesar. Penyakit kanker ini merupakan penyakit yang berbahaya karena sebagian besar penderitanya mengalami kematian.

Polio

Polio ini bisa dibilang bukan penyakit yang baru karena sudah dikenal sejak abad ke-18. Virus polio ini bisa menyebar melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit ini dapat melemahkan otot penderitanya hingga menyebabkan kelumpuhan permanen.