Kanker tiroid adalah salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita, seperti halnya kanker payudara dan kanker serviks. Meski kanker ini tidak seganas kanker payudara ataupun kanker otak namun kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Para penderita kanker tiroid harus mendapat penanganan yang cepat dan tepat agar tidak menyebabkan dampak yang tidak diinginkan hingga terjadi kematian.

Tiroid

Oleh sebab itu perlu upaya penanggulangan terhadap penyakit kanker tiroid. Dalam kaitan dengan hal tersebut, kita juga perlu tahu gejala-gejalanya, yang diutarakan di bawah ini;

Benjolan Di Leher

Gejala awal yang dapat dikenali jika seseorang terkena kanker tiroid adalah munculnya benjolan di leher depan atau tepat di bawah jakun. Jika itu terjadi pada anda maka anda harus segera memeriksakannya karena dikawatirkan benjolan tersebut disebabkan oleh sel kanker.

Sulit Berbicara

Gejala lanjutan dari benjolan di leher adalah masalah pada pita suara. Ya, karena jika sel kanker menyebar ke seluruh tenggorokan dan menyerang pita suara, maka akan menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk berbicara.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gejala lain yang dapat dikenali jika seseorang terkena kanker tiroid ialah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang ada pada tenggorokan. Jika ketiga hal ini terjadi pada diri anda maka kemungkinan besar anda terkena kanker tiroid.

Sulit Menelan

Jika anda terkena kanker tiroid maka secara otomatis anda akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan dikarenakan kerongkongan yang membantu menelan makanan masuk ke dalam lambung tertekan oleh sel kanker.

Sulit Bernafas

Menurut beberapa kasus bahwa penderita kanker tiroid mengalami susah bernafas karena sel kanker juga menyumbat sluran tenggorokan yang digunakan sebagai jalur pernafasan.