Salah satu kanker yang umum terjadi adalah kanker testis. Kanker testis merupakan salah satu jenis kanker yang biasa diderita oleh pria yang menginjak usia dewasa awal sampai menengah. Biasanya usia 20 hingga 35 tahun. Walaupun penderitanya memang tidak sebanyak kanker prostat namun kedua kanker tersebut juga sama-sama berbahaya.

Pada tahap atau fase awal penderita kanker testis, memang kemungkinan untuk sembuhnya bisa mencapai 95 persen. Namun jika sudah mencapai fase menengah sampai akhir, kemungkinan untuk sembuhnya juga semakin mengecil. Lantas, apa sajakah gejala kanker testis tersebut?

Nyeri

Pada tahap awal kanker testis bisa ditandai dengan rasa nyeri pada bagian reproduksi pria. Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa rasa nyeri yang ditimbulkan karena kanker testis bisa terjadi pada bagian testis itu sendiri, pada perut bagian bawah, ataupun pada bagian selangkangan.

Benjolan

Benjolan merupakan gejala yang umum dan dapat dikenali untuk sebagian besar jenis kanker. Pada penderita kanker testis, benjolan akan muncul pada bagian testis, ukurannya bisa kecil bisa juga besar. Kemudian terjadi perubahan pada bentuk testis seperti mengeras dan teksturnya berubah. Benjolan tersebut biasanya diikuti dengan rasa sakit.

Pembengkakan

Selain benjolan, biasanya juga terjadi pembengkakan. Pembengkakan tersebut terjadi karena terhambatnya saluran cairan yang masuk maupun keluar testis sehingga menyebabkan pembengkakakan dan perubahan warna kebiru-biruan.

Perubahan Cairan

Selain itu kanker testis juga dapat dikenali dengan adanya perubahan warna cairan dalam testis, juga biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, oerubahan hormon dan beberapa gejala lain seperti perubahan-perubahan pada bagian fisik yang dapat dikenali.