Konsep sistem reproduksi wanita adalah suatu konsep yang kompleks dan telah dipelajari dengan menyeluruh. Tidak hanya berkisar mengenai reproduksi dan proses bersalin, pembelajaran sistem reproduksi wanita juga mencakup fungsi seksual normal, pencegahan penyakit menular seksual (PMS), diagnosa dini, pengobatan kanker dan bahkan fungsi sehat pada ovarium dan uterus.
Secara penggolongan bidangnya, kebidanan biasanya berfokus pada ibu hamil dan kondisi yang mungkin memengaruhi mereka, sedangkan kandungan biasanya menitik beratkan pada kondisi reproduksi dan kesehatan seorang wanita pada tahap kehidupan apapun. Ada berbagai macam kondisi yang dapat mempengaruhi seorang wanita, beberapa jenis lebih sering ditemukan daripada yang lain, sebagai hasil dari perubahan hormon, resiko karena adanya hubungan keluarga, maupun gaya hidup yang tidak sehat.
Read More
Apa yang biasanya diderita oleh wanita hamil? Masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat penting bagi seorang wanita dan anaknya, seorang dokter kebidanan harus yakin bahwa sebuah masa kehamilan dapat berjalan mulus dengan tanpa hambatan. Sebagian besar dari kondisi-kondisi yang dapat mempengaruhi seorang wanita adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan, plasenta previa, dan diabetes kehamilan.
Pada kasus tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan, biasanya disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan oleh ibu hamil, sehingga menyebabkan tekanan darah ibu terbang melampaui batas. Akibatnya, ibu akan menjadi “gembung”, yang dapat terlihat pada wajah dan kedua kakinya. Sebagai tambahan, akan ada kesulitan bernapas pada saat bersalin. Pada kasus plasenta previa, komplikasi yang biasanya terjadi pada masa bersalin, yaitu dimana posisi plasenta tepat berada ataupun disamping uterus. Sedangkan diabetes kehamilan mengakibatkan badan anak membesar, sehingga ibu menjadi susah untuk mendorong keluar anaknya pada proses persalinan.
Masih ada masalah lain yang dapat dihadapi seorang wanita sepanjang masa hidupnya selain kehamilan. Salah satu dari masalah-masalah tersebut adalah tumbuhnya kista ovarium yang akan menyebabkan gangguan besar pada siklus menstruasi seorang wanita, perubahan fisik seperti meningkatnya berat badan dengan sangat cepat, kegemukan di tengah, dan pertumbuhan bulu wajah. Parahnya, kondisi ini juga mencegah terjadinya kehamilan, sehingga akan menghambat rencana berkeluarga. Kondisi lain adalah bertumbuhnya kista di uterus, yang disebut myoma, kondisi ini menyebabkan pendarahan tidak normal dan sangat lama, hingga berhari-hari, pada masa menstruasi.
Pada wanita muda, ada kondisi yang disebut endometriosis yang menyebabkan sakit luar biasa pada masa menstruasi. Hal ini disebabkan oleh menebalnya dinding endometrium yang bergesekan satu dengan yang lainnya pada saat kontraksi menstruasi, menyebabkan wanita penderitanya bukan hanya merasa tidak nyaman, namun juga rasa sakit.
Kondisi manapun yang disebutkan diatas pantas dan harus mendapatkan perhatian medis dan konseling yang unik, yang akan dapat disediakan ileh dokter kebidanan dan kandungan yang kompeten. Ada beberapa kondisi yang memerlukan tingkat pembedahan tertentu , koreksi hormon, dan bahkan koreksi gaya hidup untuk meringankan penderitaan yang dialami oleh wanita yang mengalami salah satu dari kondisi diatas. Apapun masalah anda, langkah terbaik yang dapat anda ambil adalah mecari dokter spesialis yang telah terlatih dengan baik untuk pengujian dan mengatasi masalah anda dari dini.