SarapanApa yang membuat jantung tetap sehat? Sederhana: jangan lupakan sarapan. Demikian hasil riset terbaru yang diungkapkan tim peneliti Harvard School of Public Health. Para peneliti menyelidiki 27.000 laki-laki. Seperti dimuat jurnal Circulation, ditemukan bahwa mereka yang melewatkan sarapan berada pada risiko yang lebih besar terkena masalah jantung.

Para peneliti juga mengatakan, melupakan sarapan bakal menimbulkan”ketegangan ekstra” di tubuh. The British Heart Foundation mengatakan sarapan membantu orang menolak makanan ringan bergula sebelum makan siang. Penelitian tersebut dilakukan pada pria, berusia 45-82, selama 16 tahun. Selama waktu itu ada lebih dari 1.500 serangan jantung atau kasus gagal jantung fatal.

Namun, orang yang melewatkan sarapan sebanyak 27% lebih mungkin mengalami masalah jantung dibandingkan mereka yang memulai hari dengan makan. Para peneliti juga menyesuaikan dengan faktor risiko gaya hidup lain seperti merokok dan olahraga. Peneliti, Dr Leah Cahill mengatakan, “Pesan pentingnay adalah makan di pagi hari ketika Anda bangun, sebaiknya dalam waktu satu jam”

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sesuatu yang lebih baik daripada tidak, tapi selalu lebih baik untuk memiliki sesuatu yang sehat dan seimbang.” Dia mengatakan waktu makan menjadi kunci dan menunggu sampai makan siang daripada sarapan membuat tubuh mengalami dari waktu ke waktu.

Dia mengatakan hal ini bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes yang pada gilirannya dapat merusak jantung.

Jangan melewatkan sarapan, Dr Cahill menyimpulkan.

Victoria Taylor, seorang ahli diet dengan British Heart Foundation, mengatakan: “Para peneliti hanya melihat pria berusia di atas 45, jadi kita perlu melihat penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi bahwa sarapan memiliki dampak yang sama pada kesehatan jantung kelompok individu lainnya.

“Apa yang kita tahu adalah bahwa sarapan yang sehat memberikan Anda kesempatan untuk memperluas berbagai makanan dalam diet Anda. “Roti utuh panggang atau sereal seperti bubur dengan susu rendah lemak adalah cara yang baik untuk memulai hari. Coba irisan pisang atau buah kering adalah pilihan yang baik.