walking copyTahukah Anda kalau hanya dengan berjalan kaki selama 1 jam, maka usia harapan hidup Anda bisa bertambah sebanyak 2 jam?

ayangkan bila Anda berolahraga jalan kaki selama 1 jam setiap akhir pekan, akan banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan dengan 30 menit saja berjalan kaki sudah cukup membuat Anda lebih sehat. Jenis ini juga terhitung mudah dan murah dan sangat disarankan bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga, juga aman bagi hampir semua orang dengan resiko kesehatan ringan hingga berat.

Jalan kaki sebagai terapi kesehatan dapat dilihat dari dua sisi. Satu dari sisi kesehatan jasmani dan juga dari sisi kesehatan mental Sudah banyak penelitian membuktikan manfaat dari berjalan kaki sebagai olah raga. Bahkan disebut-sebut jalan kaki dinilai lebih baik daripada olah raga lari.  Terutama karena alasan kesehatan, seperti lebih rendah resikonya bagi penderita penyakit jantung atau ibu hamil.

Mencegah Osteoporosis

Jalan kaki umumnya dilakukan di ruang terbuka dan memungkinkan Anda terpapar matahari. Sinar matahari digabungkan dengan gerakan tubuh bermanfaat besar bagi tulang dan otot-otot tubuh. Ditambah dengan asupan kalsium yang cukup dan Anda akan terhindar atau memperlambat proses osteoporosis.

Mencegah Diabetes

Untuk kasus diabetes ringan, jalan kaki dapat digunakan sebagai pengganti obatobatan. Karena gerakan tubuh yang teratur dan rutin dapat membuat kadar gula darah terkontrol. Para penderita diabetes ringan atau memiliki resiko diabetes dianjurkan untuk melakukan olah raga jalan kaki dengan tempo yang cepat.

Mendapatkan Berat Ideal

Seseorang dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kesulitan untuk melakukan beberapa jenis olah raga. Jalan kaki yang mudah dilakukan dan rendah resiko dapat dijadikan pilihan. Jalan kaki cepat akan meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan mempercepat metabolisme sehingga banyak kalori yang terbakar sehingga berat tubuh menurun.

Manfaat Bagi kesehatan Mental

Selain baik bagi jasmani, jalan kaki juga sangat baik untuk kesehatan mental. Dalam dunia meditasi, dikenal meditasi jalan dan sudah menjadi salah satu latihan rutin bagi para biksu. Diyakini dengan berjalan kaki sambil fokus pada setiap langkah, pikiran menjadi lebih tenang dan bersih dari stres. Saat melakukan olahraga jalan kaki, indera tubuh lain juga akan ikut bekerja. Jalan kaki di udara pagi yang segar dengan pohon-pohon hijau disekitar Anda akan membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Begitu pula bila Anda berjalan kaki bersama anggota keluarga atau teman. Karena jalan kaki bisa dilakukan sambil berbincang-bincang, jalinan hubungan dengan anggota keluarga atau teman Anda akan semakin erat. Hubungan yang semakin erat akan memiliki dampak positif bagi kesehatan mental Anda.

Kesehatan Jantung

Jalan kaki sangat dianjurkan untuk memelihara jantung agar tetap sehat. Untuk tidak pencegahan, jalan kaki cepat merupakan pilihan tepat karena gerakan jalan kaki yang cepat akan mempercepat aliran darah ke dalam koroner jantung sehingga otot jantung mendapatkan kecukupan oksigen. Tekanan darah akan ikut menurun dan HDL (kolesterol baik) akan bekerja semakin baik menyerap LDL (kolesterol jahat).

Jalan Kaki yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari olah raga jalan kaki, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan:

Kenali Kondisi Tubuh

Sebelum melakukan jalan kaki sebagai olah raga rutin, pastikan Anda sudah mengetahui kondisi kesehatan Anda. Apakah Anda menderita penyakit tertentu, seperti jantung, diabetes atau lainnya? Sehingga bisa diperhitungkan berapa lama sebaiknya Anda berjalan kaki, dalam tempo cepat atau lambat dan berapa kali dalam seminggu Anda boleh berjalan kaki.

Terukur

Bila sudah mengenali kondisi tubuh atau resiko penyakit, Anda bisa mulai berjalan kaki sesuai kemampuan tubuh serta usia Anda. Cara ini dapat dipakai untuk membuat patokan denyut nadi yang ingin dicapai setelah berjalan kaki. Caranya dengan menggunakan rumus: (220 – usia)x 60%. Jumlah denyut nadi ini bisa dicapai secara bertahap.

Teratur

Seperti olah raga lain, jalan kaki juga harus dimulai dengan peregangan dan pendinginan. Masing-masing bisa dilakukan selama 5-10 menit. Jalan kaki bisa dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam selama beberapa kali seminggu sesuai kemampuan Anda.

Banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan mental dari berjalan kaki, selain tidak perlu biaya besar dan mudah dilakukan. Manfaatkan saat berangkat atau pulang kerja untuk berjalan kaki atau saat mencari tempat makan siang. Mudah kan?