Walau sering dianggap remeh, gigi merupakan bagian terpenting dalam sistem pencernaan. Gigi bertugas menghancurkan makanan pada tahap pertama yakni pada saat makanan kita masukkan ke dalam mulut. Tanpa andanya gigi kita akan kesulitan pada saat akan menelan makanan. Nah, bagaimana jika gigi anda mengalami masalah misal gigi sensitif sehingga mengakibatkan seluruh sistem pencernaan anda terganggu? Pastinya anda akan kesulitan untuk makan dan memperoleh asupan nutrisi pada makanan.

Selain itu pastinya kita akan tersiksa melihat begitu banyaknya makanan yang memang tak habis jika dituruti untuk memakannya setiap hari. Salah satu masalah yang biasa terjadi pada gigi adalah gigi berlubang dan gigi sensitif. Apa sesunguhnya penyebab gigi menjadi sensitif?

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Kadang kala kita memiliki anggapan bahwa menyikat gigi dengan keras akan membuat gigi makin bersih, padahal tidak demikian. Ya, karena menyikat gigi terlalu keras malah akan membuat email gigi menjadi tergerus dan semakin menipis. Akibatnya gigi anda menjadi tidak terlindungi.

Konsumsi Asam Berlebihan

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam secara berlebihan juga berakibat dapat merusak lapisan email gigi. Jika lapisan email gigi terkelupas maka dentim gigipun akan terbuka. Nah dalam lapisandentim tersebut terdapat ribuan syaraf dan jika dirangsa sedikit saja maka akan menimbulkan rasa ngilu yang berlebihan. Oleh karena itulah saat anda mengonsumsi makanan yang panas atau dingin sedikit saja, maka gigi anda akan terasa sangat sakit.

Kebiasaan Menggemeletukkan Gigi

Tahukah anda jika anda memiliki kebiasaan menggemeletukkan gigi maka akan membuat gigi anda menjadi sensitif? Ya, seperti halnya saya sendiri memiliki kebiasaan menggemeletukkan gigi depan atas tanpa disadari pada saat tidur. Nah, hal tersebut ternyata juga bisa merusak lapisan email gigi dan membuat gigi anda menjadi sensitif.