Kanker masih menjadi momok bagi banyak orang. Banyak sekali orang yang takut dengan penyakit yang satu ini. Mereka berusaha menghindarinya, namun sebagian orang masih belum tahu hal apa saja yang dapat memicu terjadinya kanker pada seseorang. Pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan sel yang melebihi batas sehingga mengganggu sel-sel lain yang ada di sekitarnya.

Dikatakan bahwa sel-sel kanker selain dapat merusak suatu organ tubuh ternyata juga dapat berpindah ke organ tubuh yang lainnya. Jadi ada kemungkinan bahwa sel ini dapat merusak semua organ tubuh manusia. Sel ini sendiri ibarat sampah busuk yang dapat mengganggu pemandangan, penciuman orang-orang yang ada disekitarnya.

Sel-sel kanker sendiri sebenarnya adalah sel-sel tubuh yang sudah rusak, namun ia tidak mau dibuang oleh tubuh, mereka malah memperbanyak diri yang pada akhirnya merusak se-sel tubuh yang lain yang masih bekerja secara normal. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya.

Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat memicu pertumbuhan sel ini dalam tubuh. Kebisaan merokok dan minum minuman beralkohol yang dapat menjadi pemicu besar tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Sinar Ultraviolet

Beberapa kandungan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari ternyata dapat memicu terjadinya kanker. Salah satunya adalah kanker kulit.

Perilaku seks yang tidak sehat

Bergonta-ganti pasangan saat melakukan hubungan intim juga dapat menjadi penyebab terjadinya kanker. Perilaku berhubungan badan yang tidak sehat lainnya adalah oral dan anal.

Makanan berbahan kimia

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia juga dapat memicu terjadinya kanker. Bahan kimia banyak kita jumpai pada beberapa makanan cepat saji seperti mie instan, nugget, dan lain-lain.

Kondisi kejiwaan

Kondisi kejiwaan seseorang yang tidak stabil seperti stress dapat membuat sel kanker menjadi lebih aktif. Jadi lebih baik anda menghindari stress yang berlebihan.

Keturunan

Orang yang memiliki riwayat keturunan penyidap penyakit kanker akan memiliki potensi lebih besar untuk terkena penyakit kanker yang sama dengan orang tuanya.