Hubungan seksual tak bisa disangkal memiliki peranan penting dalam kehidupan berumah tangga. Namun, apa jadinya jika libido pasangan, terutama wanita menurun? Tentunya akan menyebabkan situasi yang tak menyenangkan. Salah satu penyebab seorang pasangan suami istri susah mendapatkan keturunan pun bisa disebabkan menurunnya libido wanita atau menurutnya hasrat untuk berhubungan suami istri.

Sayangnya, tidak banyak pasangan yang tahu akan hal tersebut, sehingga beranggapakan hal tersebut disebabkan karena memang kurang baiknya suatu hubungan dan malah bisa menyebabkan keretakan sebuah rumah tangga. Lantas, apa saja penyebab menurunnya libido wanita?

Libido Wanita

Pengaruh Alat Kontrasepsi

Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa penggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya libido wanita. Oleh karena itu bagi anda para wanita yang ingin menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, usahakan untuk berkonsultasi terlebuh dahulu pada dokter agar memperoleh rekomendasi pil KB atau alat kontrasepsi lain yang tidak menyebabkan menurunkan libido wanita.

Monopause

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap wanita akan memasuki fase monopause dimana wanita tersebut akan berhenti menstruasi. Nah, pada fase tersebut biasanya juga disertai penurunan libido pada perempuan.

Stres

Stres juga sangat berpengaruh terhadap hasrat seorang wanita untuk melakukan hubungan intim. Jika seorang wanita memiliki banyak masalah sehingga menyebabkannya stres, maka akan terjadi penurunan libido.

Trauma Masa Lalu

Hal lain yang dapat menyebabkan libido wanita menurun bisa juga disebabkan karena trauma masa lalu. Misal seorang wanita pernah mengalami kejadian negatif tentang berhubungan seksual di masa lalu dan terbawa hingga masa sekarang. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasratnya untuk berhubungan seksual pada masa yang sekarang.