Sistem pencernaan tubuh merupakan penentu dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, hampir 50 persen penyakit yang diderita oleh manusia disebabkan karena adanya masalah pada sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan baik maka akan membuat kinerja organ tubuh juga baik dan kesehatan akan baik pula.

Pencernaan

Sebaliknya jika sistem pencernaan terganggu maka akan mengakibatkan terganggunya kesehatan dan kinerja organ tubuh yang lain. Pencernaan yang sehat bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil seperti di bawah ini;

Makan Makanan Yang Sehat

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dalam perut kita terdapat mesin yang bertugas mencerna seluruh makanan yang masuk dalam perut. Dan perut tidak bisa memilah-milah makanan yang mana yang baik dan makanan mana yang buruk. Oleh karenanya kita harus pandai-panda memilih makanan yang tepat dan menyehatkan.

Makanan yang menyehatkan sistem pencernaan adalah makanan yang berserat, karena makanan yang berserat mudah untuk dicerna. Selain itu anda juga memerlukan probiotik untuk membuat kinerja sistem pencernaan agar tetap baik. Anda bisa mendapatkan probiotik dari yogurt. Jadi sebaiknya anda memilih makanan yang memang sehat agar pencernaan anda tidak diberatkan oleh makanan-makanan yang memang kurang baik.

Perhatikan Jam Makan

Idealnya makan sehari itu tiga kali. Namun anda bisa juga makan dua kali dalam sehari. Hal yang harus digaris bawahi adalah, anda harus pandai-pandai mengatur jam makan agar tidak merusak sistem pencernaan. Sebaiknya anda makan sedikit namun berulangkali daripada makan banyak tapi hanya satu kali.

Perbanyak Olahraga

Selain karena faktor makanan, olahraga juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem percernaan. Olahraga selain dapat menjaga kestabilan berat badan, juga membuat sisitem pencernaan terbebas dari berbagai macam masalah pencernaan. Jadi jangan malas-malas untuk berolahraga.